Selasa, 09 April 2013



Apa Kabar Dunia


Hari Kuyo, Sebuah Hari Raya untuk Jarum Jahit

Posted: 08 Apr 2013 11:39 PM PDT

Setiap tanggal 8 Februari, bila Anda berkesempatan berkunjung ke kuil-kuil Shinto di Jepang, mungkin akan melihat ratusan jarum patah tertancap di sebuah bidang kecil. Inilah yang dikenal sebagai Hari Kuyo, festival yang didedikasikan untuk jarum tua dan rusak.

Perayaan yang telah ada sejak 400 tahun silam ini berkaitan dengan kimono, pakaian tradisional Jepang. Selama berabad-abad, para perempuan membuat kimono dengan tangan mereka sendiri. Puluhan jarum mungkin dipakai selama proses pembuatan kimono tersebut. Oleh sebab itu, perayaan ini sebagai rasa terima kasih terhadap benda-benda yang dipakai sehari-hari atau pun sumber mata pencaharian mereka. Jadi sebenarnya, tidak hanya untuk jarum tua saja tetapi benda-benda lainnya.

 

Sekilas, penghormatan terhadap benda-benda ini merupakan bagian dari kepercayaan Shinto yang beraroma pagan. Bahwa, semua mahluk dan benda memiliki jiwa. Namun, dibalik itu ada filosofi dari sebuah kearifan lokal yang mereka tunjukkan, yakni Mottainai. Ini adalah sebuah pemahaman agar tidak menjadi boros bahkan untuk hal-hal sekecil apa pun. Jarum-jarum patah dan tua tersebut menjadi pengingat betapa pentingnya berhemat dan menghargai setiap hal kecil dalam kehidupan.

Selain itu, jarum yang begitu akrab dengan kehidupan sehari-hari wanita Jepang juga memiliki arti, ada duka dan rahasia yang tidak semuanya bisa diceritakan pada suami atau kaum pria. Beban di hati tersebut diteruskan pada jarum selama mereka menjahit.
 

"Kadang-kadang ada hal-hal yang menyakitkan dan rahasia bahwa perempuan tidak bisa memberitahu pria, dan mereka menempatkan rahasia pada jarum jahit dan meminta para dewa untuk menyingkirkan mereka," ujar Ryojo Shioiri, seorang biksu.

Banyak wanita Jepang datang ke festival Hari Kuyo tidak hanya untuk berterima kasih pada jarum mereka, tetapi juga untuk berdoa agar bisa lebih terampil dalam membuat kimono.

Mereka berkumpul di sekitar lempengan besar tahu yang ditempatkan di depan kuil.  Dupa menyala untuk pemurnian dan nyanyian biarawan di latar belakang. Lalu mereka menancapkan jarum-jarum tua sambil berdoa.

Hari Kuyo menandai akhir dari perayaan Tahun Baru Jepang, tidak ada pekerjaan rumah tangga yang dilakukan pada hari itu.






Sumber:
odditycentral

Wuih, Tarantula ini Sebesar Kepala Manusia

Posted: 08 Apr 2013 09:38 PM PDT

Satu spesies baru tarantula telah ditemukan di daerah utara Sri Lanka, namanya Poecilotheria rajaei. Dengan rentang kaki sekitar 20 sentimeter, tarantula ini sebesar muka manusia. Tak hanya itu, hewan berkaki delapan ini juga dapat bergerak cepat dan memiliki bisa.

Penampakan pertama Poecilotheria rajaei terjadi di 2009 lalu. Ketika itu, seorang penduduk menemukan laba-laba raksasa yang telah mati. "Hewan itu ia berikan ke ilmuwan dari Organisasi Penelitian dan Pendidikan Keanekaragaman Sri Lanka atau BER," tulis IBT Times.

 
 voanews.com

Menurut para ilmuwan, tarantula mati itu tak bisa menjadi rujukan penelitian. Mereka perlu mendapatkan spesimen tarantula raksasa, dalam keadaan hidup, sehingga dapat mempelajarinya.

Selanjutnya, para peneliti itu mulai menjelajahi hutan di utara Sri Lanka. Setelah mencari di antara pohon dan rimba, mereka pun menemukan beberapa tarantula raksasa dalam rumah sakit tua di Mankulam.

"Hewan ini cukup langka," kata peneliti, Ranil Nanayakkara di Mail Online. Pada umumnya, tarantula hidup di pepohonan. Namun deforestasi atau penembangan hutan telah merusak habitat mereka. "Akhirnya tarantula itu masuk ke bangunan tua."

Tarantula ini memiliki tanda khas berwarna kuning pada pergelangan kaki, serta garis merah muda di sekitar perut. Tarantula ini dinamakan Poecilotheria rajaei karena memiliki hubungan dengan laba-laba terbesar di dunia, yang ada di Amerika Selatan. "Laba-laba raksasa itu dijuluki Goliath bird-eater."




 

Sumber:
tempo



Rating: 4.5 - Oleh: Unknown

Judul: Apa Kabar Dunia
Deskripsi: Apa Kabar Dunia Hari Kuyo, Sebuah Hari Raya untuk Jarum Ja...
URL: http://downloadgratis19.blogspot.com/2013/04/apa-kabar-dunia_9.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 

Copyright © 2013 | Template Design by DIEKY'S BLOG - Powered by Blogger.