Selasa, 02 April 2013



Apa Kabar Dunia


Inilah 7 Sungai Terpanjang di Dunia

Posted: 01 Apr 2013 11:50 PM PDT

Bumi kita memiliki beberapa sungai yang luar biasa panjangnya. Banyak faktor yang ikut berperan untuk menentukan sungai terpanjang di dunia, sementara kebanyakan ilmuwan dan peneliti setuju pada urutan, keakuratan pengukuran panjang sungai. Dengan demikian, pengukuran panjang sungai adalah perkiraan.

Berikut adalah sungai-sungai yang memiliki panjang lebih dari 5.000 kilometer.

1. Sungai Nil - 6,650 km / 4,132 mil

Sungai Nil adalah sungai utama yang mengalir di bagian utara di timur laut Afrika, umumnya dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia. Panjangnya adalah sekitar 6.650 km (4.132 mil). 


Sungai Nil adalah "sungai internasional" karena sumber airnya dibagi oleh sebelas negara yaitu, Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir. Secara khusus, Sungai Nil menyediakan sumber daya air primer dan sehingga menjadi arteri hidup bagi negara-negara hilir seperti Mesir dan Sudan.

Sungai Nil memiliki dua sungai besar, Sungai Nil Putih dan Nil Biru. Sungai Nil Putih lebih panjang dan naik di wilayah Danau Besar Afrika Tengah, dengan sumber paling jauh masih belum ditentukan tetapi terletak di Rwanda atau Burundi. Sungai ini mengalir ke utara melalui Tanzania, Danau Victoria, Uganda dan Sudan Selatan. 

Sungai Nil Biru adalah sumber dari sebagian besar air dan tanah yang subur. Ini dimulai di Danau Tana di Ethiopia pada dan mengalir ke Sudan dari arah tenggara. Kedua sungai bertemu dekat ibukota Sudan Khartoum.

Bagian utara sungai mengalir hampir seluruhnya melalui padang gurun, dari Sudan ke Mesir, sebuah negara yang peradabannya tergantung pada sungai sejak zaman kuno. Sebagian besar penduduk dan kota-kota Mesir terletak di sepanjang bagian-bagian lembah Nil Aswan utara, dan hampir semua situs budaya dan sejarah Mesir Kuno ditemukan di sepanjang tepian sungai. Sungai Nil berakhir di sebuah delta besar yang bermuara ke Laut Mediterania.



2. Sungai Amazon - 6,400 km / 3,976 mil

Sungai Amazon terletak di Amerika Selatan adalah sungai yang terpanjang kedua di dunia dan sejauh ini terbesar oleh aliran air dengan debit rata-rata lebih besar dari tujuh sungai terbesar berikutnya yang merupakan gabungan (tidak termasuk Madeira dan Rio Negro, yang merupakan anak sungai dari Amazon).


Sungai Amazon memiliki cekungan drainase terbesar di dunia, sekitar 7.050.000 kilometer persegi (2,720,000 mil persegi), menyumbang sekitar seperlima dari aliran sungai total dunia.

Lebar dari Amazon adalah antara 1,6 dan 10 kilometer (1,0 dan 6,2 mil) pada tahap rendah tetapi memperluas selama musim hujan sampai 48 kilometer (30 mil) atau lebih.

Sungai memasuki Samudra Atlantik di sebuah muara yang luas dengan lebar sekitar 240 kilometer (150 mil). Mulut utama sungai adalah 80 kilometer (50 mil). Karena dimensi yang luas, kadang-kadang disebut Laut Sungai.



3. Sungai Yangtze, 6,300 km / 3,917

Sungai Yangtze, atau Chang Jiang adalah sungai terpanjang di Asia, dan terpanjang ketiga di dunia. Sungai itu mengalir sepanjang sekitar 6,300 kilometer (3,917 mil) dari gletser di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet di Qinghai di barat daya ke arah timur, tengah dan timur China sebelum mengosongkan ke Timur Laut Cina di Shanghai.




Sungai ini juga salah satu sungai terbesar dengan volume debitnya di dunia. Sungai Yangtze mengalir seperlima dari luas tanah Republik Rakyat China (RRC) dan perusahaan daerah aliran sungai adalah rumah bagi sepertiga penduduk Cina.

Seiring dengan Sungai Kuning (Yellow River), Sungai Yangtze adalah sungai paling penting dalam budaya, sejarah dan ekonomi China. Sungai Yangtze mengalir melalui beragam ekosistem dan habitat itu sendiri bagi spesies endemik dan terancam punah beberapa termasuk buaya Cina dan sturgeon Yangtze.

Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan sungai untuk air, irigasi, sanitasi, transportasi, industri, batas-tanda. 3 Dam terbesar di Sungai Yangtze adalah hidro-electric pembangkit listrik terbesar di dunia.



4. Sungai Mississippi - 6,275 km / 3,902 mil

Sungai Mississippi adalah sungai utama dari sistem drainase terbesar di Amerika Utara. Mengalir seluruhnya di Amerika Serikat (meskipun aliran sungai ada yang mencapai ke Kanada).




Dengan anak sungainya, Sungai Mississippi mengalir kesemua atau bagian dari 31 negara bagian AS dan 2 provinsi Kanada antara Rocky dan Pegunungan Appalachian.

Sungai Mississippi sebagai yang terpanjang keempat dan kesepuluh terbesar di dunia. Sungai menjadi perbatasan atau memotong melalui negara bagian Minnesota, Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, Mississippi, dan Louisiana.



5. Sungai Yenisei - 5,539 km / 3,445 mil


Yenisei juga ditulis sebagai Yenisey, adalah sistem sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arctic. Ini adalah pusat dari tiga sungai besar Siberia yang mengalir ke Samudra Arctic (dua lainnya adalah Sungai Ob dan Sungai Lena).




Meningkat di Mongolia, ia memiliki saluran menuju utara ke Teluk Yenisei di Laut Kara, penyusutan sebagian besar di Siberia tengah, sungai terpanjang mengikuti sistem sungai Yenisei, Angara, Selenga, Ider.

Kedalaman maksimum Sungai Yenisei adalah 80 kaki (24 m) dan kedalaman rata-rata adalah 45 kaki (14 m). Kedalaman sungai keluar 106 kaki (32 m) dan inflow adalah 101 kaki (31 m).



6. Sungai Kuning (Yellow River) - 5,464 km / 3,395 mil

Yellow River  atau Sungai Kuning (atau Huang He) merupakan sungai terpanjang kedua di Asia setelah Yangtze dan enam terpanjang di dunia pada panjang diperkirakan 5.464 kilometer (3.395 mil).




Berasal di Har Bayan Pegunungan di provinsi Qinghai China bagian barat, mengalir melalui sembilan provinsi dan bermuara di Laut Bohai dekat kota Dongying di provinsi Shandong. Cekungan dari Sungai Kuning memiliki batas timur-barat dari 1.900 kilometer (1.180 mil) dan sebagian utara-selatan dari 1.100 km (680 mil). Daerah cekungan total adalah 742.443 kilometer persegi (286.659 mil persegi).

Sungai Kuning disebut "tempat lahir peradaban Cina" sebagai cekungan, khususnya, Lembah Sungai Wei yang melintasi selatan panjangnya Loop Ordos adalah tempat kelahiran peradaban Cina kuno dan wilayah paling makmur dalam sejarah Cina awal.



7. Sungai Ob - 5,410 km / 3,364 mil


Sungai Ob disebut  juga Obi, merupakan sungai utama di Siberia bagian barat, Rusia dan ketujuh sungai terpanjang di dunia. Sungai ini adalah paling barat dari tiga sungai besar Siberia yang mengalir ke Samudra Arctic (dua lainnya adalah Sungai Yenisei dan Sungai Lena). Teluk Ob adalah muara terpanjang di dunia.




Ob ini membentuk 16 mil (26 km) barat daya dari Biysk di Altai Krai di pertemuan Sungai Biya dan sungai Katun. Kedua sungai memiliki asal mereka di Pegunungan Altay, yang Biya mengeluarkan dari Danau Teletskoye, sedangkan Katun, panjangnya 700 kilometer (430 mil), mengalir keluar dari gletser di Gunung Byelukha.





Sumber:
salam

Komponen Komputer Bekas Jadi Perhiasan Mahal

Posted: 01 Apr 2013 10:30 PM PDT

Siapa sangka, komponen komputer yang tak lagi terpakai ini ternyata bisa disulap jadi aksesoris super imut. Bagi Anda yang suka mix n' match penampilan, aksesoris merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam berbusana.
 

Dibuat dari electronic resistor, kondensor, LED, dan beberapa bagian dari papan sirkuit, Sachiko Ishida sengaja mengusung tema berbeda pada line fashionnya yang diberi nama Geek & Cute di bawah lisensi Sanomono brand.

Sachiko mendesain kalung, anting-anting, dan berbagai jenis perhiasan lainnya yang diberi sentuhan futuristik dengan menggunakan komponen elektronik dan komputer.

Untungnya, Anda tak perlu terbang ke Jepang untuk memesan perhiasan unik buatan Sachiko. Semua item tersebut dapat dibeli secara online dengan harga yang cukup terjangkau antara 2.100-15.750 yen (atau Rp 218.809-1,6 juta) di website resmi sanomono.thebase.in. 

Berikut adalah beberapa perhiasan unik hasil rancangan Sachiko.


 







Sumber:
merdeka

Sering Melamun Jadi Lebih Cerdas?

Posted: 01 Apr 2013 09:00 PM PDT

Orang dengan pikiran kerap mengembara kemungkinan mempunyai otak lebih tajam.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang terus menerus "terganggu" ternyata mempunyai "memori kerja" lebih banyak. Hal tersebut membuat mereka bisa melakukan dua hal bersamaan dalam satu waktu.

 

Psikolog dari University of Wisconsin-Madison, Daniel Levinson, mengatakan mereka yang mempunyai kapasitas memori kerja lebih tinggi dilaporkan lebih sering melamun selama mengerjakan tugas-tugas sederhana meskipun prestasi mereka tidak meragukan.

Partisipan dalam penelitian ini harus menekan tombol sebagai respons terhadap munculnya huruf tertentu di layar atau menekan pada waktu yang tepat. Para peneliti mengecek secara rutin untuk mengetahui apakah pikiran mereka mengembara. Pada akhir penelitian, para ilmuwan mengukur kapasitas memori kerja partisipan, memberi mereka skor untuk kemampuan dalam mengingat sekumpulan huruf diselingi dengan pertanyaan matematika yang mudah.


Levinson mengatakan dibutuhkan lebih banyak ruang kerja mental, misalnya, untuk menambahkan dua angka yang diucapkan tanpa menuliskannya. Kapasitas tersebut dihubungkan dengan pengukuran umum kecerdasan seperti membaca secara menyeluruh dan skor IQ.

Studi terbaru ini menggarisbawahi betapa pentingnya memori kerja untuk membantu otak fokus dalam masalah-masalah yang paling sulit.

Hasil dari penelitian Levinson itu dipublikasikan secara online di Psychological Science. Ini pertama kalinya sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara pikiran yang sering mengembara alias melamun dengan kecerdasan.





Sumber:
zonapencarian

Selamat Datang di Hotel Mayat

Posted: 01 Apr 2013 07:30 PM PDT

Di Jepang, mayat pun punya hotel khusus namanya Lastel. Bagaimana kisahnya hingga orang yang sudah meninggal juga punya tempat mewah tersendiri?

Sebagai negara 'matahari terbit' boleh jadi Jepang paling maju di Asia, namun angka kematian di Jepang terus meningkat. Rata-rata 23.000 orang lebih meninggal setiap tahun selama dekade terakhir (Reuters).
 
 
Sementara, di negara dengan mayoritas pemeluk Shinto tersebut, kremasi menjadi pilihan utama bagi orang yang meninggal. Dengan banyaknya angka kematian, banyak mayat yang harus menunggu setidaknya empat hari hingga bisa dikremasi.

Rupanya peluang ini dimanfaatkan Hisayosy Teramura mendirikan Lastel - terletak di pinggiran kota terbesar kedua Jepang, Yokohama. Artinya, bagi keluarga-keluarga yang sedang berduka bisa menitipkan anggota keluarga yang meninggal di tempat ini.
 




Fasilitasnya terbilang mewah. Disediakan peti mati berpendingin dengan harga sewa JPY 12.000 atau USD 157 per hari. Hotel ini bisa menampung hingga 18 "tamu". Sebuah sistem penyimpanan otomatis membuat peti mati bisa dilihat oleh teman-teman dan keluarga. Dan, mereka pun bisa memberikan penghormatan kepada almarhum sampai ada ruang di krematorium.

Izin mendirikan krematorium di Jepang lumayan sulit, sehingga hotel seperti Lastel merupakan jawaban praktis untuk kebutuhan di negeri sakura ini.  







Rating: 4.5 - Oleh: Unknown

Judul: Apa Kabar Dunia
Deskripsi: Apa Kabar Dunia Inilah 7 Sungai Terpanjang di Dunia Komp...
URL: http://downloadgratis19.blogspot.com/2013/04/apa-kabar-dunia_2.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 

Copyright © 2013 | Template Design by DIEKY'S BLOG - Powered by Blogger.