Ternyata untuk mendapat akses internet sebagai tamu di negara orang tidak mudah. Di sini, di Kuala Lumpur, ternyata saya juga mendapat kesulitan akses internet. Padahal sebelumnya saya sudah bersiap-siap. Maksudnya saya sudah search internet dulu. Sebagai contoh, begitu sampai di KL saya lansung beli kartu SIM dari DIGI. Harganya RM 26. Katanya akses internet seharinya adalah RM 3 dengan quota 150 MB. (Pengalaman saya ini kurang.)

Ternyata yang menjadi masalah adalah coverage dari 3G (HSDPA). Di banyak termpat di jalan, sinyal telepon ada tetapi tidak ada 3G. Artinya tidak ada akses internet. Quota penggunaan internet tidak terlewati karena aksesnya saja tidak bisa. he he he. Jadi ya merasa rugi saja.

Di hotel juga sama saja. Internetnya susah dan lambat. Padahal kalau ngobrol dengan penduduk lokal, akses internet mereka kencang-kencang. Artinya, tamu selalu susah. Kalau di Indonesia mungkin kebalikannya ya? hi hi hi.