Tadi saya mencoba menjabarkan teknik presentasi yang saya ketahui. Saya sampaikan "seni" (the art) dari presentasi. Saya gunakan kata seni karena saya belum yakin apa yang saya jelaskan dapat dikategorikan kepada ilmu :)  Jadi saya gunakan seni dulu saja.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita memberikan presentasi. Yang pertama adalah presentasi bukan pameran. Jadi pendengar tidak hanya sekedar menonton, seperti halnya pada pameran lukisan, misalnya. Pada presentasi yang bagus seharusnya terjadi dialog, baik secara verbal maupun secara telepati. he he he.

Yang kedua, ketika kita memberikan presentasi, kita harus hadir dalam presentasi tersebut. Maksudnya hadir di sini bukan secara fisik berada di tempat, tetapi secara emosi ikut terlibat dalam presentasi tersebut. Mungkin "immerse" kata yang lebih tepat. Kita masuk ke dalam presentasi kita.

Dan seterusnya. Lho kok? Iya, saya rapikan materi presentasi saya dulu. Nanti saya upload dan link-nya akan saya berikan di sini. Tulisan ini hanya sekedar iming-iming dulu. hi hi hi.