Saya mendapat banyak permintaan untuk mengisi seminar di luar kota Bandung. Kebanyakan permintaan datang dari mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Secara prinsip sebetulnya saya senang untuk berbagi. Apa lagi saya juga pernah merasakan sebagai mahasiswa. Hanya yang menjadi masalah adalah waktu.

Semester ini saya mengajar dua mata kuliah yang tersebar di beberapa hari dalam satu minggu. Selain itu saya membimbing banyak mahasiswa (S2 dan S3). Akibatnya hari yang dapat saya gunakan untuk memberikan seminar di luar kota atau melakukan proyek di luar kampus hanya satu hari. Artinya kota yang dituju harus dapat dicapai dalam satu hari. Pulang pergi. Jadi berangkat pagi, terus memberikan seminar, dan pulang lagi.

Kondisi ini menyulitkan bagi saya untuk memberikan seminar di kota-kota yang "jauh" (secara transportasi) dari Bandung. Jalur penerbangan dari Bandung masih terbatas.

Kadang saya merasa tidak enak menolak tawaran memberikan seminar di berbagai kota. Saya tidak ingin berkesan tidak ingin berbagai, tetapi bagaimana dengan mahasiswa-mahasiswa saya di kampus? Sebagai catatan, sekarang saja saya sudah berhutang kelas karena ada hari yang terkena liburan dan juga beberapa kali saya harus menghadiri rapat di luar kota pas jam kuliah. Nah! Pusing kan?