Jumat, 01 Maret 2013



Science Box


Spesies Unik Penghuni Krubera Cave

Posted: 28 Feb 2013 11:22 PM PST


Sobat Science in Box, akhir-akhir ini, para ilmuwan terus dikejutkan dengan makin banyaknya temuan-temuan baru di dunia serangga. Temuan kali ini adalah temuan yang mungkin tidak disangka-sangka, bayangkan di dalam sebuah gua terdalam di dunia, ternyata ada spesies serangga yang menghuni di dalamnya.

Spesies Arthropoda (hewan dengan kaki beruas-ruas) ditemukan di Gua Krubera-Voronja, gua terdalam di muka Bumi. Kedalaman gua yang terletak di dekat Laut Hitam itu mencapai 2.191 meter dari mulut guanya.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Gua Krubera (atau Gua Voronya, kadang-kadang disebut Voronja Cave) adalah gua yang dikenal terdalam di planet Bumi ini. Gua ini terletak di Massif Arabika dari Wilayah Gagrinsky-Caucasus Barat, di distrik Gagra Abkhazia-Georgia. Siapa sangka di dalam gua terdalam ini berhasil ditemukan beberapa jenis spesies baru.


Salah satu spesies baru itu adalah Plutomorus ortobalaganensis yang ditemukan pada kedalaman 1.980 meter. Sementara, tiga spesies lain ialah Anurida stereoodorata, Deuteraphorura kruberaensis, dan Schaefferia profundissima.

Seluruh spesies dikategorikan sebagai springtail, jenis serangga primitif tanpa sayap. Hidup di lingkungan yang gelap total, semua makhluk tersebut buta. Kebutaan pada spesies A. stereoodorata dikompensasi oleh reseptor kimia yang sensitif.

Makhluk-makhluk pemakan bangsa jamur dan materi yang terurai itu ditemukan oleh Ana Sofia Reboilera dari University of Aveiro di Portugal dan Alberto Sendra dari Valencia Museum of Natural History di Spanyol. Mereka mengeksplorasi gua pada tahun 2010.

Sebelum penemuan ini, makhluk darat terdalam yang pernah ditemukan adalah Ongulonychiurus colpus (kedalaman 550 meter di gua wilayah Spanyol) dan Tritomurus veles (kedalaman 430 km di gua wilayah Kroasia)

Penemuan spesies ini menunjukkan bahwa makhkuk hidup bisa eksis di lingkungan yang ekstrim, tanpa cahaya dan minim oksigen. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Terestrial Arthropod Reviews baru-baru ini.

Hmm, ternyata masih banyak sekali misteri yang tersimpan yang mungkin belum sama sekali terjamah oleh kita.





(sains.kompas)



Rating: 4.5 - Oleh: Unknown

Judul: Science Box
Deskripsi: Science Box Spesies Unik Penghuni Krubera Cave Poste...
URL: http://downloadgratis19.blogspot.com/2013/03/science-box_1.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 

Copyright © 2013 | Template Design by DIEKY'S BLOG - Powered by Blogger.