Senin, 04 Maret 2013



Apa Kabar Dunia


Telomere, Alat Untuk Mengetahui Kapan Kita Meninggal

Posted: 03 Mar 2013 10:42 PM PST

Sebuah penemuan baru bisa menebak kapan kita akan meninggal. Alatnya mirip test pack penguji kehamilan.

Seperti diberitakan di dailymail, metode pengujian terbaru yang akan segera tersedia di gerai-gerai di Inggris ini bisa mengukur komposisi dari tip kromosom seseorang, yang disebut telomere, melalui tes darah. Telomere ini diyakini peneliti sebagai satu dari indikator penuaan sel tubuh yang paling signifikan dan akurat. Ketika penuaan sel mencapai tingkat tertentu, bisa diartikan itulah akhir tubuh Anda beraktivitas.

 
 
 
Tentunya di luar dari hal-hal tidak terduga seperti kecelakaan atau penyakit ganas yang tiba-tiba menyerang. Dengan telemore, tes umur biologis ini bisa jadi salah satu petunjuk kapan usia Anda akan berakhir. Atau dengan kata lain, mengetahui kapan akan meninggal.

Maria Blasco, dari Spanish National Cancer Research Centre di Madrid adalah penemu commercial telomere test terbaru ini. Lebih lanjut Blasco menjelaskan, bahwa tua-muda usia biologis seseorang bisa diukur berdasarkan panjang telomere mereka, dan ini bisa berbeda dengan usia nyata yang dimiliki oleh seseorang. 
 
Contohnya, pria berusia 65 tahun bisa jadi usia biologisnya lebih muda daripada pria usia 45 tahun, yang berarti pria 45 tahun itu berkemungkinan memiliki usia yang lebih pendek. Semakin panjang telomere, semakin panjang usia Anda.

Sederhananya, telomere ini yang melindungi DNA Anda dari gangguan dan kerusakan. Seiring dengan semakin berat tugasnya, maka telomere mulai memendek. Pada usia paruh baya ke atas, penyusutan ini mencapai titik di mana mereka tidak mampu lagi melindungi DNA dan keadaan akan memburuk ketika sel-sel tubuh mulai memisahkan diri. Dampaknya adalah kulit Anda akan longgar dan keriput, daya tahan tubuh menjadi tidak efektif, dan merembet pada gangguan tubuh yang lebih parah seperti diabetes dan penyakit jantung.

Apakah mahal untuk 'mengintip' waktu kematian Anda? Di Inggris metode tes ini seharga 400 poundsterling, sementara harga untuk test pack komersialnya masih belum diberitakan.




 
 
Sumber:
kisahbagus

10 Tradisi Pernikahan Unik di Dunia

Posted: 03 Mar 2013 09:30 PM PST

Menikah tidak sekadar mengucap janji saat akad, atau 'vow' di gereja, lalu tukar cincin dan resepsi sesudahnya. Seringkali banyak tradisi ikut dilaksanakan saat hari sakral ini. Dari berbagai tradisi yang ada, 10 yang unik tersaji di bawah ini.



1. Suara Gaduh

 

 
Tradisi ini disebut Charivari. Bisa jadi merupakan tradisi pernikahan paling 'mengganggu'. Bagaimana tidak, rumah sang pengantin baru akan didatangi kerabat dan tetangga lalu mereka membuat suara segaduh mungkin. Misalnya memukul-mukul panci dan wajan.

Tradisi ini telah ada sejak abad pertengahan, namun kemungkinan sudah ada jauh sebelum masa tersebut. Tradisi Charivari ada di beberapa lokasi tersebar di Perancis, biasanya dimulai setelah sumpah pernikahan (vow) diambil.



2. Cincin di Jari Kaki 


Biasanya saat menikah, pasangan pengantin menyematkan cincin di jari manis. Tidak demikian dengan umat Hindu yang melaksanakan tradisi Bichiya. Bagi orang yang baru menikah, salah satu mempelai memakaikan cincin kawin di jari pasangannya.

Biasanya cincin kawin yang dipakai berbahan perak dan disematkan di jari kaki mempelai wanita. Karena itu, bila melihat wanita-wanita yang mengenakan cincin seperti ini, kemungkinan ia adalah orang yang telah menikah dan menganut tradisi Bichiya.



3. Tiga Hari Tanpa Toilet

 


Rasanya yang satu ini tradisi paling unik dan tak masuk akal. Calon pengantin tidak boleh menggunakan kamar mandi atau toilet selama 3 hari 3 malam. Bila mereka melanggar, maka kehidupan perkawinan mereka bakal bernasib buruk. Mulai dari kematian anak yang dilahirkan, atau bahkan jadi mandul.

Biasanya calon pengantin yang melaksanakan tradisi ini hanya diberi sedikit air minum setiap hari agar mereka kuat menjalaninnya. Dan jangan kaget, pelaku tradisi ini tidak jauh dari negara kita. Yakni di Tidong, Sandakan, Sabah, Malaysia.



4. Dansa dengan Mempelai Wanita

 


Di Polandia ada tradisi pernikahan yang memungkinkan semua tamu berdansa dengan mempelai wanita. Saat resepsi, ayahnya akan mengawali dansa dengan putrinya yang jadi mempelai, lalu saudaranya akan mengedarkan kain (apron) kepada para tamu.

Mereka yang menempatkan uang akan mendapat kesempatan berdansa dengan mempelai wanita. Hingga tiba saatnya pengantin pria akan melemparkan dompetnya sehingga melebihi semua jumlah uang para tamu lain. Saat inilah sebagai pertanda ia akan membawa istrinya pergi untuk berbulan madu.

Wah, harus yakin punya uang banyak di dompet kalau mau menikah dengan wanita Polandia, ya.. hehehe


 
5. Ritual Lempar Piring
 
  
Tidak diketahui pasti tempat asli tradisi ini berlaku pertama kali, karena ada di beberapa negara. Ritual lempar piring dilakukan oleh pasangan pengantin sebagai pertanda bahwa, mereka pasti akan mendapat rintangan sepanjang bahtera perkawinan mereka. Maka, dengan melempar piring saat menikah, hal ini dipercaya sebagai persiapan akan berbagai kemungkinan tak menyenangkan di masa depan. Sekaligus sebagai harapan bahwa mereka akan beruntung dan langgeng sepanjang hidup.



6. Menculik Pengantin  


Tradisi menculik pengantin juga termasuk ritual yang dilaksanakan di berbagai wilayah dunia, dengan caranya masing-masing.  Misalnya di wilayah Eropa, di Romani dan kamu Gypsi masih melakukan ritual ini. Bagi mereka, dengan menculik mempelai wanita yang ingin dinikahi dan tetap menjaganya bersama selama 2 - 3 hari, maka sang wanita akan bersedia menjadi isteri.

Sementara di negara kita, tradisi menculik pengantin seperti ini bisa ditemukan di daerah Lombok dan juga Lampung.



7. Menikah dengan Hewan

 


Di beberapa bagian India, ada sebuah kepercayaan bahwa, jika ada bayi perempuan yang memiliki gigi dengan akar pada gusi bagian atas, maka menjadi tanda suatu saat ia akan diterkam harimau, atau hal menakutkan lainnya. Ini merupakan gambaran betapa pengaruh jahat (hantu) sangat membencinya.

Satu-satunya cara menangkal kemungkinan tersebut yakni menikah dengan hewan. Untungnya ritual pernikahan ini bukan merupakan upacara pernikahan yang sungguh-sungguh. Artinya, hanya sebagai ritual sebagai pengusir roh-roh jahat. Setelah itu, sang wanita bisa menikah dengan pria yang dicintainya.



8. Disiram Cairan Busuk
 

Ritual yang satu ini mirip tradisi ulang tahun di beberapa tempat negeri kita. Di Skotlandia, seorang calon pengantin yang akan menikah, sebelum hari upacara perkawinan berlangsung akan mendapat kejutan dari kerabat.

Ia akan secara tiba-tiba disiram cairan busuk mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Mulai dari telur busuk, beragam saus, pokoknya apa saja yang membuat kita menahan mual. Tujuan tradisi ini agar calon pengantin dijauhi dari berbagai pengaruh jahat.




9. Lompati Gagang Sapu



Kemungkinan ritual lompat gagang sapu banyak dilakukan orang-orang barat. Tujuan melompati gagang sapu saat upacara pernikahan adalah, sebagai awal kehidupan baru mereka, "menyapu" kehidupan di masa lalu. Ini juga jadi tanda bersatunya dua keluarga, serta sebagai penghormatan pada para leluhur.



10. Pukul Kaki
 

Ritual pukul kaki bisa dijumpai di Korea Selatan. Biasanya, setelah upacara pernikahan, sepatu dan kaos kaki sang mempelai pria akan dilepas oleh teman-temannya. Lalu mengikatkan tali di sekitar pergelangan kakinya.

Saat inilah teman-teman sang mempelai pria akan mulai memukul telapak kakinya dengan ikan Corvina kuning. Secara bergantian mereka akan terus mendaratkan pukulan tanpa henti. Tujuannya adalah, agar pengantin pria kuat saat malam pertama.





 

Sumber:
oddee.

Waduh, Belut Monster Berhasil Ditangkap

Posted: 03 Mar 2013 06:38 PM PST

Seekor makhluk mirip belut yang berukuran raksasa berhasil tertangkap kamera di sungai Raritan, di New Jersey, Amerika Serikat. Menyeramkan, banyak yang menyebutnya mirip makhluk luar angkasa, karena makhluk besar ini memiliki badan bulat besar, bibir tebal, dan deretan gigi yang bergerigi.

Apakah ini monster laut? Mungkin juga tidak. Seorang nelayan asal New Jersey, Doug Cutler, berhasil menusuk makhluk raksasa tersebut di sungai Raritan pada tahun 2011 lalu, namun foto-foto itu baru tersebar luas di Internet.

 
 
 
Ia mengaku, dalam dua tahun mencari ikan di sungai, belum pernah sama sekali melihat makhluk tersebut. Ini adalah pertama kalinya Cutler menangkap makhluk menyeramkan itu.

"Seorang teman saya yang memposting foto-foto itu untuk sebuah kontes orang-orang yang menangkap hewan aneh," kata Cutler, dilansir The Christian Science Monitor, 28 Februari 2013.

Seorang juru bicara di New York Departemen Konservasi Lingkungan mengatakan kepada surat kabar lokal, bahwa makhluk raksasa itu kemungkinan adalah sejenis 'lamprey' atau belut laut besar. Makhluk itu adalah sejenis vertebrata kuno yang hidup di perairan utara Atlantik.

Sementara para ahli kelautan menjelaskan, lamprey dapat memiliki panjang hingga 3,9 meter dan berat sampai 5,5 kilogram. Lamprey yang berhasil ditangkap Cutler berukuran panjang 3 meter dan berat 4,5 meter.

Cutler pun membantah anggapan yang mengatakan foto-foto itu adalah hasil rekayasa. "Hanya saya dan rekan saya yang memotret makhluk itu yang bisa merasakan ketakutan saat pertama kali melihatnya. Banyak orang-orang yang tidak percaya mengenai rahasia dari alam," tegas Cutler.

Lamprey laut memiliki nama ilmiah Petromyzon marinus, yang berasal dari Mediterania dan Atlantik Utara. Umumnya mereka dapat ditemukan di perairan timur Amerika Serikat, Nova Scotia, Greenland bagian selatan, Inggris, Irlandia, dan Skandinavia.





Sumber:



Rating: 4.5 - Oleh: Unknown

Judul: Apa Kabar Dunia
Deskripsi: Apa Kabar Dunia Telomere, Alat Untuk Mengetahui Kapan Kita Men...
URL: http://downloadgratis19.blogspot.com/2013/03/apa-kabar-dunia_4.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 

Copyright © 2013 | Template Design by DIEKY'S BLOG - Powered by Blogger.