Senin, 25 Februari 2013



ZILZAAL


MUKJIZAT BUAH ANGGUR DALAM AL-QUR'AN, HADITS DAN MEDIS

Posted: 25 Feb 2013 11:11 AM PST

Oleh R Syarif Ario Dgs
Mukjizat Buah Anggur dalam Alquran. Aneka ragam buah-buahan segar diciptakan Sang Khalik untuk umat manusia. Di antara sekian banyak buah-buahan itu, salah satu yang disebutkan Allah SWT dalam Alquran dalah anggur. Buah yang rasanya lezat itu, disebutkan dalam Alquran sebanyak 14 kali.

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (QS: An Nahl: 11)


Al Qur'an menyebut tentang anggur ada di dalam surat : Al Baqoroh 266, Al an'am 99, Ar Ra'd 4, An Nahl 67, Al Isra' 91, Al Kahfi 32, Al Mu'minun 19, Yasin 34, An Naba 31-32, Abasa 28

Hadist tentang anggur: Nabi Muhammad bersabda ," Kalian mempunyai kismis ( anggur ). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak." (HR Abu Nuaim)

Menurut Jalaludin Abdurahman As Suyuti dalam buku Pengobatan Cara Nabi: Anggur bisa menghangatkan tubuh dan membuat tubuh jadi gemuk, mengusir kelelahan, menenangkan amarah,menajamkan syaraf, memperkuat senggama, dan menjernihkan raut muka, serta membuat otak lebih cerdas .

Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam buku Zadul Ma'ad : Anggur bermanfaat menguatkan perut, hati dan jantung, mengobati sakit kerongkongan, dada, paru-paru, ginjal dan saluran kemih.

"Ini menunjukkan bahwa betapa banyak nikmat yang Allah berikan dan sediakan untuk umat-Nya, baik ketika masih di dunia maupun kelak nanti di kehidupan abadi, yaitu surga bagi orang-orang yang bertakwa," ujar Hisham Tahlbah dalam karyanya bertajuk Al-I'jaz Al Ilmi fi Alquran wa al sunnah (Ensiklopedia Mukzijat Alquran dan Hadis) yang telah dialihbahasakan kedalam bahasa Indonesia..

Anggur merupakan salah satu tanaman yang dikenal umat manusia sejak lama. Menurut Tahlbah, anggur sudah dikenal sejak masa Nabi Nuh AS.

Buah anggur ini, sangat baik untuk dimakan, baik ketika masih segar ataupun sudah kering. Anggur merupakan buah yang mudah dicerna, dapat menggemukan, dan dapat menyuplai gizi yang yang cukup. Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yang sama, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi buah, makanan, minuman, maupun sebagai obat.

IBNU SINA atau AVICENNA adalah dokter pertama di dunia

Hal senada juga dituturkan Ibnu Qayyim. Menurutnya, anggur adalah salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. "Anggur adalah salah satu buah dari sekian banyak buah, salah satu makanan bergizi dari sekian banyak makanan bergizi, salah satu obat dari sekian banyak obat, atau salah satu minuman dari sekian banyak minuman," ungkap Ibnu Qayyim.

Sebagai obat, anggur memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Tahlbah mengungkapkan, anggur diyakini bisa mengobati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, pencernaan, bahkan bermanfaat untuk orang-orang yang terkena penyakit lambung. Tak hanya itu, anggur juga bisa dimanfaatkan bagi siapa saja yang henda melakukan diet (mengatur pola makanan).

Thalbah menjelaskan dalam buku-buku pengobatan pernafasan, anggur juga memiliki manfaat sebagai obat untuk mendukung pengobatan pernafasan. Untuk mendukung pengobatan tersebut, anggur diolah menjadi minuman yang berupa jus anggur. "Perasan air anggur juga berkhasiat menurunkan panas tubuh, menghentikan batuk, dan membuat perut merasa nyaman," papar Tahlbah.

Jus anggur, menurut dia, bisa membantu penyembuhan dari penyakit hemaroid (wasir), gangguan pencernaan, batu ginjal dan gangguan kantong empedu. Untuk itu, para peneliti menganjurkan untuk meminum segelas jus anggur, sebelum sarapan dan sebelum makan malam.

Bahkan meminum segelas anggur sebelum tidur juga bisa membantu anda untuk tidur nyenyak tanpa insomnia yang mengganggu. Jus anggur juga baik untuk orang-orang yang keracunan, keletihan atau dalam masa penyembuhan atau terkena batu ginjal (kencing batu).

Menurut para peneliti, jus anggur harus segera diminum setelah pembuatannya, karena jika didiamkan terlalu lama akan berubah menjadi arak yang memabukkan. "Dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti," (QS Al-Nahl (16) ayat 67).

Anggur juga bisa digunakan sebagai cairan pelembab kulit muka dan untuk bahan kosmetika. Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi atau akrab disapa Ibnu al-Baitar (1197 M – 1248 M) menuturkan bahwa anggur yang baik adalah anggur yang berukuran besar, berkulit tipis, berbiji jarang, dan berwarna agak kemerah-merahan. Menurutnya anggur adalah buah yang paling diminati.

"Ia juga tergolong paling baik dibandingkan buah-buahan lainnya, karena mengandung banyak lemak. Ia dapat menggemukan orang yang kurus, membersihkan darah, dan memperlancar saluran pencernaan. Anggur juga bermanfaat untuk meningkatkan libido, memulihkan orang yang sakit, dan menguatkan jantung," jelas Ibnu Baithar, ahli botani Muslim terkemuka di era kejayaan Islam di Andalusia.

Anggur muda atau anggur yang masih segar, lanjut Tahlbah, memiliki manfaat dapat memampatkan darah yang terus menerus mengalir keluar (pendarahan), menguatkan lambung, memperlancar saluran pencernaan, dan mengatasi masalah usus besar.

"Dari beberapa penelitian diperoleh kesimpulan bahwa anggur adalah buah yang memiliki banyak manfaat. Anggur sangat efektif dalam membangun, memperbaiki, dan memperkuat sel-sel tubuh. Ia juga dapat mengobati sejumlah penyakit. Selain mengobati anggur juga berfungsi untuk melindingi manusia dari serangan penyakit," tandas Tahlbah.

Fakta ini menunjukkan betapa buah-buahan yang disebutkan Sang Khalik dalam Alquran memiliki khasiat dan kegunaan yang luar biasa. Inilah salah satu bukti kemukjizatan ayat-ayat suci Alquran.

ANGGUR BERLIMPAH MANFAAT

Anggur yang kering disebut kismis. Kismis yang baik biasanya berukuran besar, berlemak, dan banyak mengandung minyak, juga berkulit tipis dan bijinya sedikit. Menurut Hisham Tahlbah dalam karyanya bertajuk Ensiklopedia Mukzijat Alquran dan Hadis, kismis yang seperti itu kaya kandungan gizi.

"Jika dimakan bijinya akan memberi manfaat yang banyak untuk pencernaan, hati dan limfa," katanya. "Jika daging anggur ditempelkan pada ke kuku yang mau lepas, maka akan mempercepat proses pelepasannya."

Tahlbah menambahkan, kismis juga dapat mempersubur hati, selain juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan, dada, paru-paru, ginjal, dan kandung kemih. Menurut dia, jika anggur yang segar cocok dimakan pada akhir musim kemarau atau gugur, maka anggur kering/kismis cocok dikonsumsi selama musim hujan, karena mampu menjaga kandungan yang ada ketika masih segar (vitamin).

KANDUNGAN ANGGUR

Dalam surat Abasa ayat 27-29 Allah SWT berpirman, "Lalu kami tumbuhkan biji-bijian, anggur, dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma (di bumi itu)." Sang khalik menciptakan anggur di bumi, dengan memberikan begitu banyak manfaat bagi umat manusia.

Tahlbah menjelaskan, buah anggur mengandung kadar gula mencapai 15 persen yang terdiri dari glukosa sekitar tujuh persen. Kadar tersebut akan semakin tinggi seiring usia kematangan buah. "Dengan demikian anggur termasuk buah dengan kandungan gula yang sedang, dan mudah dicerna serta diserap oleh tubuh," ujar Tahlbah.

Selain kadar gula, lanjut Tahlbah, anggur juga mengandung protein sebesar 1,5 persen dan lemak sebesar 1,5 persen. "Anggur mengandung zat gula yang sangat dibutuhkan hati, sehingga ketika ia membutuhkan pasokan gula seperti ketika puasa, anggur bisa dijadikan sebagai pemasoknya," paparnya.

Kulit anggur mengandung vitamin B Kompleks yang berfungsi dalam proses biologis tubuh manusia. "Vitamin B kompleks sangat penting untuk perlindungan urat-urat tubuh." Anggur juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperkecil kemungkinan tubuh terserang oleh mikroba dan bakteri.

Manfaat buah anggur

Anggur diperkirakan merupakan tanaman tertua yang dibudidayakan manusia. Buktinya, dalam mumi di Mesir yang telah berusia lebih dari 3.000 tahun ditemukan biji-biji anggur yang diduga merupakan bekal kematian.

ATASI GANGGUAN PEMBULUH DARAH & KANKER

Perjalanan anggur sebagai makanan obat ternyata telah berawal pada zaman Mesir kuno. Selain disajikan sebagai buah meja di lingkungan Kekaisaran Yunani dan Mesir Kuno, buah anggur telah dimanfaatkan sebagai bagian dalam pengobatan alami gangguan pencernaan. Kini kita tahu mengapa anggur memiliki khasiat tersebut, yaitu karena kandungan magnesiumnya yang melimpah. Magnesium memang vital bagi tubuh kita sebagai penggiat fungsi sistem pencernaan.

Selain karena magnesiumnya, manfaat anggur juga sebagai penggelontor kotoran (buang air besar) lantaran kandungan serat kasarnya yang malimpah dalam kulit buah. Kemampuan anggur sebagai pembersih usus makin baik karena magnesium dan kandungan seratnya masih diperkaya dengan zat pencahar ringan (laksatif) yang terdapat dalam buah anggur. Demikian penegasan Dr Bernard Jensen, penulis buku laris Eating Right For Health, Vitality, and Longevity dalam bukunya yang lain yakni Foods That Heal.

Walaupun bermanfaat, mengkonsumsi anggur bersama kulit buah dan bijinya bisa membuat iritasi pada penderita gangguan lambung. Karena itu, bila pencernaan Anda sensitif sebaiknya berhati-hati mengosumsi biji-biji anggur. Latihlah pencernaan Anda dengan mengosumsinya dalam jumlah terbatas dulu, sambil mengamati reaksinya. Jus buah anggur berbiji yang diproses menggunakan juice extractor, sehingga minum serat kasar tetapi kaya senyawa OPC, paling disarankan bagi Anda yang memiliki sistem pencernaan sensitif.

Rajin mengosumsi anggur atau jus anggur bisa membangkitkan semangat, menghilangkan rasa lelah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dikatakan Dr Jensen hal ini sebagai dampak kemampuan jus anggur membersihkan hati/liver dan menggiatkan fungsi ginjal. Secara alami, buah anggur merupakan makanan pembentuk basa (alkaline forming). Sifat membentuk basa dengan kandungan air berlimpah dalam anggur menjadikan pembuluh darah memiliki kemampuan lebih besar dalam menggelontor timbunan toksin dan lemak dalam pembuluh darah. Kondisi ini mencegah terjadinya penyempitan/penyumbatan pembuluh darah.

Anggur juga mengandung enzim yang bersifat tonik penggiat fungsi empedu. Peningkatan fungsi empedu akan meningkatkan efisiensi pengubahan lemak mejadi asam empedu, yang akan dibuang ke luar tubuh, sehingga mencegah terjadinya lonjakan kadar lemak darah (hiperlipidemia). Karena itu, rajin menyantap anggur dan mengosumsi jus anggur amat disarankan bagi pengidap hipertensi, serta kadar kolesterol/trigleserida darah berlebihan.

Dalam butir-butir buah anggur tersimpan banyak gula buah alami, yang merupakan energi siap pakai. Anggur berwarna gelap seperti anggur merah, anggur biru, dan anggur ungu sangat kaya akan zat besi, yaitu mineral penyusun sel-sel darah merah yang merupakan pengangkut sumber energi. Kombinasi antara melimpahnya gula buah alami dan zat besi membuat kita bertenaga kembali setelah mengunyah dengan baik buah anggur atau minum jus anggur dalam jumlah cukup.

Menurut Dr Jensen, menyantap anggur atau minum jus anggur segar satu kali setiap hari selama seminggu berturut-turut bisa membantu menggiatkan tubuh menguras racun. Untuk tujuan ini, Dr Jensen menganjurkan agar anggur dikonsumsi secara tunggal (boleh dikombinasikan dengan buah anggur jenis berbeda, misalnya anggur merah dan anggur hijau), tetapi tidak dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan lainnya.

ANGGUR BERLIMPAH SENYAWA ANTIKANKER

Tanaman anggur paling rentan terhadap serangan kapang, terutama kapang cendawan atau kapang jelaga, yang secara awam sering disebut "jamur". Meskipun mengganggu asimilasi daun, sehingga mengganggu perkembangan optimal buah-buah anggur, serangan kapang justru mendatangkan keuntungan. Secara alami tanaman anggur akan membentuk antibodi 3,5,4-trihidroksi-trans-stibena, yang populer dengan nama resveratrol.

Ketika kita mengonsumsi anggur, resveratrol turut masuk ke dalam tubuh kita dan meningkatkan konsentrasi antibodi, sehingga menggenjot sistem kekebalan tubuh kita. Konsentrasi tinggi resveratrol dalam tubuh telah diteliti mampu menikam perkembangan pesat sel tak sehat, baik berupa tumor maupun kanker. Keampuhan resveratrol alami dalam buah anggur ini sudah terbukti lewat kemampuannya mengganyang sel-sel kanker dalam tiga tahapan. Bila anggur lebih dini dikonsumsi, resveratrol sudah akan beraksi meredam kerusakan DNA dalam sel pada tahap awal pertunasan sel benih kanker.

Kalau pun perkembangan sel kanker telah beranjak lebih lanjut, dari sel normal berangsur-angsur menjadi sel kanker, resveratrol tetap masih mampu menaklukkannya. Bahkan, bila sel kanker telah tumbuh subur dan menyebar, resveratrol bisa tetap giat melemahkannya. Namun tentu saja kekuatan pertumbuhan sel kanker tak mampu hanya diredam dengan resveratrol dan buah anggur semata. Untuk itu, diperlukan pola makan kaya bahan makanan nabati mentah (raw food) yang berlimpah zat-zat antioksidan.

Kandungan senyawa antikanker ini umumnya banyak terdapat dalam buah anggur berwarna gelap, terutama anggur merah, anggur biru, dan anggur ungu. Kandungan resveratrol tertinggi terdapat di bagian kulit buah anggur!

EKSTRAK BIJI ANGGUR AMPUH PERANGI PENUAAN

Kita umumnya lebih menyukai anggur tanpa biji. Kalau sedang "sial" mendapatkan anggur berbiji, orang akan meludahkan biji-bijinya setiap kali mereka mengunyah buah anggur. Padahal, sama seperti daging buahnya, biji-biji anggur pun berlimpah senyawa berkhasiat.

Mineral mikro yang sudah lebih dulu diketahui banyak terdapat dalam biji anggur terutama anggur merah adalah seng dan mangan. Kedua mineral mikro tersebut terutama amat penting untuk menjaga libido seks pria, menjaga kesuburan pria. Manfaat lain seng dan mangan bagi kesehatan pria adalah mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.

Belakangan banyak dijual suplemen ekstrak biji anggur merah, yang diklaim bisa mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) termasuk mencegah stroke dan serangan jantung. Selain itu, juga dikatakan dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen yang akan menggantikan kulit tua atau rusak. Senyawa yang dipromosikan khasiatnya tersebut adalah proantosianidin (proanthocyanidin), populer dengan istilah OPC.

Penemuan OPC sebenarnya sudah terjadi pada 1947. Waktu itu Dr Jacques Masquelier dari Bordeaux University, Prancis, mendapat tugas dari pemerintah untuk menyelidiki apakah warna merah pada kulit ari kacang tanah bersifat racun, karena kebanyakan ternak kurang menyukainya. Ternyata bukannya bersifat racun, Dr Masquelier justru menemukan pigmen warna merah pada kulit ari kacang tanah yang kemudian ia sebut proanthocyanidin itu justru berkhasiat antioksidan sangat kuat. Dari sini ia memanfaatkan hasil penelitiannya tersebut sebagai materi disertasi doktoralnya.

Setahun kemudian ia berhasil mengisolasi OPC dari kulit batang pinus. Baru pada tahun 1970, ia menemukan OPC dari biji-biji anggur. Istilah proantosianidin merupakan gabungan dari kata "pro" dan "antosianin". Antosianin adalah pigmen warna merah yang muncul pada tanaman ketika buah matang atau daun-daun menua kemudian gugur. Pro sama artinya dengan pra, maksudnya sebelum atau bahan baku. Jadi, secara harfiah proantosianidin berarti bahan baku pembentukan pigmen merah antosianin.

Yang menarik dari penelitiannya, lebih lanjut Dr Masquelier menemukan kekuatan antioksidan OPC 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E! Lebih dahsyat dari kekuatan antioksidan yang dipunyai vitamin A, C, dan E. Dr Masquelier menduga kekuatan ini bersumber dari banyaknya jumlah ikatan rangkap atom karbon dalam rantai molekul OPC. Keunikan komposisi molekulnya menjadikan OPC mampu melumpuhkan jauh lebih banyak radikal bebas. Karena itu, biji anggur menjanjikan kemampuan lebih baik dalam meredam penuaan dan menggiatkan peremajaan sel.

Aktivitas OPC menjadikan sel-sel darah merah cukup mengandung oksigen, sehingga terhindar dari perlengketan satu sama lain. Dengan demikian, aliran oksigen dan nutrisi dalam pembuluh darah berlangsung lancar. Selain sel kulit akan terjaga kesegarannya, kondisi ini juga membuat organ-organ tubuh tetap sehat, serta mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Dibandingkan dengan suplemen antioksidan vitamin A dan E, suplemen ekstrak biji anggur lebih aman. OPC bersifat larut dalam air, sehingga kelebihan dosis asupan OPC akan dibuang ke luar dari tubuh terutama bersama urine. Dosis optimum suplemen ekstrak biji anggur yang dianjurkan adalah 150-200 mg per hari, yang dibagi dalam 2-3 kali minum. Utamakan suplemen ekstrak biji anggur yang mengandung setidaknya 95 persen OPC. Suplemen yang mengandung kurang dari jumlah, biasanya paling banyak 85 persen, diduga bukan berasal dari OPC biji anggur tetapi dari batang pohon pinus.

JUS ANGGUR MENCEGAH JANTUNG

Dalam riset yang dilakukan Jon G Keevil, Hashim E.Osman, Jess D.Reed dan John D Folts dari bagian Kardiologi Fakultas Kedokteran Universitas Wisconsin Madison Amerika Serikat menyatakan bahwa jus anggur mencegah penyakit jantung koroner dan arteriosklerosis. Mereka memberikan asupan 400-500 cc jus anggur kepada 5 pria dan wanita berusia 26-58 tahun selama 7 hari. Hasilnya 77% gumpalan trombosit pemicu jantung koroner lenyap.

sumber: rain indonesia

CIA, PKI dan PKS

Posted: 25 Feb 2013 11:01 AM PST

Tatiek UmmuAfra
Keterlibatan Agen Intelijen Amerika (CIA), dalam keruntuhan sebuah partai besar di Indonesia, bukanlah kisah mengada-ada. Dalam kasus PKI (Partai Komunis Indonesia), John Roosa dalam bukunya Dalih Pembunuhan Massal (terbit 2008) membuktikan keterlibatan tersebut secara ilmiah. Pada bab VI buku yang edisi Inggrisnya diterbitkan The University of Wisconsin Press, Madison, USA (2006) itu, terurai bagaimana keterlibatan Amerika Serikat (CIA) hingga berujung pada kehancuran partai berlambang palu arit. Dari pembukaan bab VI itu saja telah terbayang peranan Amerika Serikat di sana. Di pucuk bab itu diletakkan kutipan pernyataan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Howard P. Jones (HPJ), pada 10 Maret 1965.Apa katanya?


"Dari sudut pandangan kami, sudah barang tentu, percobaan kup yang gagal oleh PKI boleh jadi merupakan perkembangan yang paling efektif untuk memulai pembalikan arah kecenderungan politik di Indonesia." Demikian Howard Jones berkata.

Dihubungkan dengan kenyataan yang kemudian menjadi fakta sejarah, pendapat HPJ itu langsung terlihat relevansinya. Meskipun, dalam uraian lengkap Roosa di bab 6 itu terungkap, bahwa tidak mudah juga bagi Amerika untuk mendorong terjadinya apa yang mereka harapkan. Bagaimanakah membuat PKI mau melancarkan aksi yang diharapkan Amerika? Bukankah PKI berada di posisi yang sangat baik, buah dari taktik kerjasamanya dengan Sukarno? Di sisi lain, posisi Sukarno pun tidak bisa diserang. Dalam laporan diplomat berpengalaman Ellsworth Bunker kepada Presiden Johnson pada April 1965 tertulis,"Tidak perlu disangsikan kesetiaan rakyat Indonesia kepada Sukarno." Bangsa Indonesia, lanjut Bunker, "Dalam jumlah yang besar mengharapkan kepemimpinan darinya, mempercayai kepemimpinannya, dan bersedia mengikutinya. Tak ada kekuatan di tanah air yang bisa menyerangnya, tidak pula ada bukti bahwa suatu kelompok penting ingin berbuat demikian."

Di sinilah kelihaian intelijen menemukan momentum ujiannya. Untuk mencapai apa yang diinginkan Amerika, CIA melancarkan operasi-operasi rahasia yang mendorong PKI berfikir bahwa partai dan Bung Karno dalam keadaan bahaya. Beberapa dari "operasi-operasi black letter [surat kaleng]" dan "operasi-operasi media" CIA dirancang untuk meyakinkan pimpinan PKI, bahwa jenderal-jenderal Angkatan Darat dan Amerika Serikat adalah anjing-anjing gila yang sangat menginginkan kup/kudeta.

Di sisi lain, Bunker menyarankan pula, agar AS menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi elemen-elemen kekuatan potensial untuk menang dalam konfrontasi. Pemerintah AS pun kemudian menjadi sangat berharap terjadinya bentrokan antara Angkatan Darat dengan PKI. AS meyakinkan Angkatan Darat bahwa Amerika Serikat akan mendukung mereka jika mereka bergerak melawan PKI.

Meski kemudian AS dibayang-bayangi keraguan akan sukses dengan isu kudeta para Jenderal, kenyataannya PKI dalam hal ini DN Aidit dan Syam Kamaruzzaman, menyambar umpan yang dipancingkan Amerika. Mereka percaya dengan isu itu. Terjadilah penculikan para jenderal. Akibatnya fatal bagi PKI. Tak lama sesudah operasi yang terkenal dengan nama G 30 S, partai komunis terbesar ketiga di dunia saat itu, hancur dan tak pernah dibiarkan hidup kembali di negeri ini. Amerika dengan kapitalismenya pun keluar sebagai pemenang dalam perebutan pengaruh ideologis melawan komunisme di Indonesia, hingga saat ini.

Sebagai sebuah karya yang dihasilkan dari metode ilmiah, apa yang disampaikan Roosa itu tentu sulit untuk dikatakan oleh orang Indonesia saat ini sebagai mengarang-ngarang atau mereka-reka. Namun, di masa dokumen-dokumen Amerika yang menjadi objek penelitian Rossa masih bersifat rahasia (tahun 60-an sampai 80-an), dan karena itu belum diungkap ke publik, anggapan yang berlaku di masyarakat Indonesia saat itu pastilah sebaliknya. Saat itu, analisis yang menyatakan adanya keterlibatan intelijen dalam keruntuhan PKI, tentu dianggap hanya suatu teori konspirasi belaka, yang sulit memberikan bukti.

Tetapi mulai tahun 90-an, ketika dokumen itu resmi menjadi konsumsi publik, anggapan itu pun mau tidak mau harus berubah. Apa yang disebut-sebut hanya sebagai teori konspirasi ternyata faktual adanya. Pelajaran dari hal ini adalah: Suatu anggapan yang dinilai sebagai teori konspirasi belaka pada suatu masa, boleh jadi merupakan suatu fakta yang dapat dilihat kesahihannya beberapa dasawarsa ke depan.

Bertolak dari pelajaran atau hikmah tersebut, adalah menarik apa yang disampaikan Anis Matta dalam orasi politik perdananya setelah diangkat sebagai presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera). Dari berbagai poin yang ia sampaikan, yang relevan di sini adalah pernyataan bahwa ada konspirasi besar untuk menghancurkan PKS.

Ketika ditanya berbagai pihak, siapakah para konspirator itu? (Termasuk dalam pertanyaan ini tentunya: dari dalam negeri atau luar negerikah konspirator itu?). Anis Matta menjawab diplomatis, bahwa ia merasa tidak relevan untuk mengungkapkan apalagi membuktikannya. Anis seolah hendak mengatakan bahwa biarlah PKS saja yang merasakannya, karena sifat konspirasi memang tidak kasat mata namun terasa adanya.

Akan tetapi, jika kisah penghancuran PKI di atas menjadi pembanding, kiranya patut dipertimbangkan publik, kemungkinan pihak asing (baca:Amerika) punya andil dalam prahara PKS. Dan sekiranya memang demikian yang terjadi, prahara PKS sejatinya bukan musibah bagi PKS semata. Bukan pula hanya bagi perpolitikan Indonesia (sebagaimana judul dialog Indonesia Lawyer Club dalam salah satu edisinya: Prahara PKS, Prahara Politik). Tapi ini menyangkut musibah bagi kedaulatan dan harga diri bangsa. Tidakkah nasionalisme bangsa ini terusik, ketika dalam urusan dalam negerinya bangsa lain ikut cawe-cawe?

Kerangka teoritik untuk pertimbangan itu sebenarnya telah lama tersedia, dan semakin hari semakin terlihat relevansinya. Adalah Samuel Huntington, seorang Guru Besar Ilmu Politik asal Amerika yang mengabarkan dunia, bahwa pasca perang dingin di panggung global akan berlangsung clash civilization, benturan peradaban. Kemajuan ekonomi China, reaksi Amerika pasca tragedi 11 September 2001 (termasuk pembentukan Densus 88 di Indonesia), dan Arab Spring, adalah fenomena-fenomena yang kemudian tampak, usai Huntington menyampaikan teorinya di dekade akhir abad 20. Benturan peradaban yang dimaksud Huntington tak lain adalah antara Barat dan Timur. Timur dalam hal ini adalah Islam dan Konfusianisme.

Kerangka teori itu, bagi PKS jelas ada relevansinya. PKS adalah partai Islam terbesar di negeri berpenduduk Islam terbesar di dunia. Apakah ia tidak layak karenanya diperhitungkan, dalam konstelasi clash civilization a la Huntington itu?

Dalam konteks perbenturan ideologi di masa lalu, yang sangat diperhitungkan Barat dari Indonesia adalah PKI. Dalam konteks perbenturan peradaban saat ini, yang wajar bila ia diperhitungkan, adalah PKS! Dalam sejarah, PKI hancur sehancur-hancurnya. Dalam masa penantian, apakah PKS akan habis?

Dengarlah pesan Anis Matta dalam sebuah perhelatan partainya di Bandung. Ia mengutip Aku-nya Chairil Anwar: Luka dan bisa kubawa berlari. Berlari. Hingga hilang pedih perih Aku ingin hidup seribu tahun lagi…..

30 tahun lagi, konspirasi besar yang dinyatakan Anis Matta, terbuka untuk diuji dan dibuktikan di perpustakaan Amerika. Di sana akan ditemukan jawaban atas persoalan: Apakah Amerika memang memiliki keterlibatan atau tidak dalam prahara PKS tahun 2013, dan bagaimana modus operandinya. Apakah PKS saat itu tetap eksis dan telah menjadi the ruling party ? Waktulah yang akan menjawabnya. Yang pasti, sekali lagi, keterlibatan Agen Intelijen Amerika (CIA) dalam keruntuhan sebuah partai besar di Indonesia, bukanlah kisah mengada-ada.

SETAN PUN TAKUT BERTEMU UMAR BIN AL-KHATHTHAB

Posted: 25 Feb 2013 02:18 AM PST

Berkata Hasan Nasrullah (Syi'ah):
"Kami tidak mau masuk Masjid Nabawi melewati pintu Umar bin Khaththab, kerana kami membencinya!!"

Maka Syaikh DR. Muhammad al-'Arifi (Sunni) berkata:
"Semoga Allah merahmatimu wahai Umar, Syaithon telah lari darimu baik ketika engkau hidup atau setelah engkau meninggal."


Diriwayatkan dari Muhammad bin Sa'ad bin Abi Waqqash dari ayahnya ia berkata,

"Umar bin al-Khaththab memohon agar diizinkan masuk ke rumah Rasulullah صلى الله عليه وسلم ketika itu ada beberapa orang wanita dari Quraisy sedang berbincang-bincang dengan Rasulullah dan mereka berbicara dengan nada suara yang keras melebihi suara Rasululullah صلى الله عليه وسلم.

Ketika Umar masuk mereka segera berdiri dan menurunkan hijab. Setelah diberi izin Umar masuk ke rumah Rasulullah صلى الله عليه وسلم sementara Rasulullah tertawa.

Umar bertanya, "Apa yang membuat anda tertawa wahai Rasulullah?" Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjawab,

"Aku heran terhadap wanita-wanita yang berada di sisiku ini, ketika mereka mendengar suaramu, segera mereka berdiri menarik hijab."

Umar berkata, "Sebenarnya engkau yang lebih layak mereka segani Wahai Rasulullah. Kemudian Umar berbicara kepada mereka,

"Wahai para wanita yang menjadi musuh bagi nafsunya sendiri, bagaimana kalian segan terhadap diriku dan tidak segan terhadap Rasulullah?"

Mereka menjawab, "Ya, sebab engkau lebih keras dan lebih kasar daripada Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

"Wahai Ibnul al-Khaththab, demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tanganNya, sesungguhnya tidaklah setan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak engkau lalui"

Diriwayatkan dari 'Aisyah رضي الله عنها bahwa Rasulullah pernah bersabda,

"Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar"

Oposisi Mesir Akan Kirim Mursi Ke Bulan

Posted: 24 Feb 2013 10:22 PM PST

Kelompok penentang Mohamed Mursi mengancam akan mengirim Presiden Mesir itu ke tempat yang belum pernah didatangi oleh semua pemimpin Islam sebelum ini, yaitu ke Bulan.

Nama Mursi muncul dalam kompetisi online yang disponsori oleh perusahaan kosmetik deodorant, Axe, yang ingin mengirim beberapa warga Mesir menaiki pesawat luar angkasa yang dioperasikan oleh perusahaan perjalanan angkasa, Space Expedition Corp.

"Dengan bantuan Tuhan dan di bawah pengawasan-Nya, Mursi tidak lama lagi akan ke bulan," kata kelompok penentang yang akan mendaftarkan Mursi dalam pertandingan itu pada April 6 yang akan datang.

Para musuh Mursi ini menentang keputusan Mursi yang ingin menangguhkan pemilihan Parlemen sampai April depan dan Mursi memberi pernyataan bahwa pemilihan itu akan menyebabkan perpecahan politik di negara ini.

Tindakan untuk menangguhkan pemilihan parlemen menunjukkan kelemahan institusi pemerintah negeri ini dan keputusan yang tidak bertanggungjawab, sekaligus menambahkan kemarahan rakyat, kata pemimpin penentang terkemuka, Mohammed El-Baradei, dalam pernyataan di Twitter-nya.(sabili)

Aher Menang, Pamor Jokowi Melayang

Posted: 24 Feb 2013 10:06 PM PST

 Mohammad Faysal | Kompasiana

Pamor Jokowi bisa turun gara-gara pasangan Rieke "Oneng" Dyah Pitaloka dan Teten Masduki gagal menjadi nomor satu dalam hasil hitung cepat hasil sementara pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur  Jawa Barat yang berlangsung hari ini, Minggu 24 Pebruari 2013. Jokowi sebelumnya diketahui memilih turun tangan menghadiri kampanye pasangan calon nomor 5 ini (Kompas.com, 24 Pebruari 2013). Namun, kehadiran Jokowi akhirnya tidak membawa pengaruh signifikan. Terbukti hari ini pasangan incumben Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar masih terlalu tangguh untuk dikalahkan.


Kubu Aher jelas memperhitungkan pengaruh kehadiran Jokowi di Jawa Barat. Apalagi secara terang-terangan Jokowi membantu kampanye pemenangan Rieke-Teten. Sejak kemenangan dalam pemilihan Gubernur DKI, Jokowi memang terlihat memiliki kepercayaan diri tinggi. Apalagi saat itu Jokowi berhasil menyisihkan Hidayat Nurwahid, seorang kader partai yang dijagokan PKS, partai yang hari ini menjadi pendukung dan pengusung Aher dalam pertarungan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Kehadiran Jokowi dalam arena kampanye Rieke-Teten jelas menjadikan tensi persaingan semakin memanas.

Yang menarik untuk dicermati adalah faktor apa gerangan yang mendasari keikutsertaan Jokowi dalam kampanye Rieke-Teten? Hal ini yang menimbulkan pertanyaan besar dan rasa penasaran tingkat tinggi. Jokowi tidak mungkin memutuskan sesuatu sebelum mempertimbangkan secara matang sebab dan akibatnya. Pasti ada alasan kuat yang melatarbelakangi keputusannya tersebut. Apalagi keputusan keikutsertaan Jokowi bersangkut paut secara langsung dengan urusan politik dan kepentingan pemenangan pasangan calon Rieke-Teten di Jawa Barat. Yang jelas motivasi Jokowi ini menarik untuk ditelusuri.

Jokowi belakangan ini ditahbiskan sebagai figur paling populer dan memiliki elektabilitas tinggi. Berdasarkan salah satu hasil survei, Jokowi bahkan disebut-sebut berhasil menempati urutan pertama menyisihkan tokoh-tokoh-tokoh lain semisal Prabowo Subianto, Wiranto, Abu Rizal Bakri, dan Megawati sendiri. Namun, jika melihat hasil perolehan suara Rieke-Teten hari ini elektabilitas Jokowi dapat saja kita pertanyakan. Artinya hasil survei tersebut tidak akurat memetakan potensi elektabilitas seorang figur dalam skala nasional. Untuk wilayah Jakarta sendiri barangkali tak akan ada yang sanggup mengalahkan elektabilitas Jokowi. Tapi untuk Jawa Barat dan daerah-daerah lain di seluruh Indonesia elektabilitas Jokowi kemungkinan masih rendah. Indikasinya bisa dilihat dari dampak keputusan Jokowi membantu kampanye Rieke-Teten mulai awal dan terbukti hari ini tidak banyak mendongkrak hasil perolehan suara. Rieke-Teten harus puas berada diurutan kedua setelah pasangan Aher-Deddy Mizwar.

Kalaupun misalnya Jokowi nanti kembali berinisiatif membantu kampanye salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Jawa Timur maka hampir dapat dipastikan akan sama saja keadaannya. Kehadiran Jokowi tidak akan banyak membantu perolehan suara. Penyebab utamanya adalah karena setiap daerah memiliki karakteristik masyarakat yang spesifik dan beragam yang pasti berbeda dengan masyarakat Jakarta. Karakteristik yang meliputi perbedaan ideologi, pengaruh partai, ragam budaya dan adat istiadat lain yang secara otomatis mempengaruhi pilihan masyarakat lokal atas figur pemimpinnya.

Dengan begitu, taktik pemenangan Rieke-Teten dengan menurunkan Jokowi dalam kampanye secara langsung tidak tepat alias salah perhitungan. Siasat menggunakan popularitas Jokowi di daerah lain terbukti gagal mempengaruhi pilihan masyarakat. Dan ini tentu saja berdampak negatif pada figur Jokowi sendiri. Masyarakat bisa jadi akan menilai Jokowi lebih mementingkan urusan partai dibanding fokus pada tanggung jawabnya sendiri mengurus Jakarta. Solidaritas dan loyalitas pada instruksi partai ternyata lebih penting dan menjadi pertimbangan utama Jokowi.

Ini merupakan salah satu dampak negatif yang timbul dan paling nampak jika kepala daerah berasal dari kader partai. Kepala daerah yang berasal dari partai tidak akan bisa lepas dan bebas dari tarik menarik kepentingan (conflict of interest) dengan partai yang bersangkutan. Padahal kedudukan kepala daerah sebagai kepala pemerintahan semestinya netral. Akan sangat memprihatinkan jika kebijakan seorang kepala daerah kemudian juga dipengaruhi dan didasarkan atas pertimbangan garis politik kepartaian. Program kegiatan pembangunan dan pengerjaan proyek-proyek pada akhirnya akan lebih berorientasi pada loyalitas politik ini. Hal yang sebenarnya tidak boleh terjadi dalam dunia birokrasi karena rentan akan melahirkan sikap diskriminasi dan sentimen politik.

Lalu apa bedanya dengan paradigma politik masa lalu jika kepala daerah masih saja sibuk mengurus kepentingan partai bahkan sampai turun langsung dalam kampanye  pemenangan calon penguasa di daerah tertentu? Hal pertama, profesionalitas dan netralitas Jokowi sebagai birokrat otomatis dapat kita ragukan. Kebijakan-kebijakan Jokowi dikhawatirkan tak akan lagi proporsional karena akan banyak dipengaruhi oleh kepentingan oknum-oknum politisi. Kedua, pamor Jokowi pasti akan ikut memudar dan tergerus akibat kemenangan Aher. Hal yang tak pernah diduga sebelumnya mengingat PKS sebagai partai pengusung Aher belum lama diterpa musibah akibat salah satu kadernya, Lutfi Hasan Ishaq, menjadi tersangka kasus gratifikasi impor daging.

Kemenangan Aher menjadi bukti bagi eksistensi PKS di Jawa Barat. Partai ini masih layak diperhitungkan sebagai pesaing kuat dalam pemilu raya 2014. Soliditas massa PKS dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat hari ini tak diragukan lagi. Kekalahan Hidayat Nurwahid pada pemilihan Gubernur DKI jakarta dan kasus yang menimpa Lutfi Hasan Ishaq tidak membawa pengaruh besar karena terbukti tidak terjadi peralihan suara massa PKS seperti banyak diprediksi sebelumnya. Sekali lagi, kemenangan Aher seperti memberi pesan politik kepada partai-partai lain khususnya pada Jokowi. PKS semakin memantapkan diri dan memastikan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar sebagai penguasa propinsi Jawa Barat.

Meluruskan Sejarah Kapitan Ahmad ‘Pattimura’ Lussy

Posted: 24 Feb 2013 09:27 PM PST

Tokoh Muslim ini sebenarnya bernama "Ahmad Lussy", tetapi dia lebih dikenal dengan "Thomas Mattulessy" yang identik dengan nama Kristen.

Inilah Salah satu contoh deislamisasi dan pengkhianatan kaum minor atas sejarah pejuang Muslim di Maluku atau Indonesia umumnya.

"Nunu oli Nunu seli Nunu karipatu Patue karinunu"

(Saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah beringin besar dan setiap beringin besar akan tumbang tapi beringin lain akan menggantinya(demikian pula) saya katakan kepada kamu sekalian (bahwa) saya adalah batu besar dan setiap batu besar akan terguling tapi batu lain akan menggantinya).
Ucapan-ucapan puitis yang penuh tamsil itu diucapkan oleh Kapitan Ahmad Lussy atau dikenal dengan sebutan Pattimura, pahlawan dari Maluku.

Saat itu, 16 Desember 1817, tali hukuman gantung telah terlilit di lehernya. Dari ucapan-ucapannya, tampak bahwa Ahmad Lussy seorang patriot yangberjiwa besar. Dia tidak takut ancaman maut. Wataknya teguh, memiliki kepribadian dan harga diri di hadapan musuh. Ahmad Lussy juga tampak optimis.

Namun keberanian dan patriotisme Pattimura itu terdistorsi oleh penulisan sejarah versi pemerintah. M Sapija, sejarawan yang pertama kali menulis buku tentang Pattimura, mengartikan ucapan di ujung maut itu dengan "Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit".

Namun menurut M Nour Tawainella, juga seorang sejarawan, penafsiran Sapija itu tidak pas karena warna tata bahasa Indonesianya terlalu modern dan berbeda dengan konteks budaya zaman itu.

Di bagian lain, Sapija menafsirkan, "Selamat tinggal saudara-saudara", atau "Selamat tinggal tuang-tuang." Ini pun disanggah Tawainella. Sebab, ucapan seperti itu bukanlah tipikal Pattimura yang patriotik dan optimis.

Puncak kontroversi tentang siapa Pattimura adalah penyebutan Ahmad Lussy dengan nama Thomas Mattulessy, dari nama seorang Muslim menjadi seorang Kristen. Hebatnya, masyarakat lebih percaya kepada predikat Kristen itu, karena Maluku sering diidentikkan dengan Kristen.

Muslim Taat Ahmad Lussy atau dalam bahasa Maluku disebut Mat Lussy, lahir di Hualoy, Seram Selatan (bukan Saparua seperti yang dikenal dalam sejarah versi pemerintah). Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang saat itu diperintah Sultan Abdurrahman.

Menurut sejarawan Ahmad Mansyur Suryanegara, Pattimura adalah seorang Muslim yang taat. Selain keturunan bangsawan, ia juga seorang ulama. Data sejarah menyebutkan bahwa pada masa itu semua pemimpin perang di kawasan Maluku adalah bangsawan atau ulama, atau keduanya.

Bandingkan dengan buku biografi Pattimura versi pemerintah yang pertama kali terbit. M Sapija menulis, "Bahwa pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Yang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau bukan nama orang tetapi nama sebuah negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan."

Ada kejanggalan dalam keterangan di atas. Sapija tidak menyebut Sahulau itu adalah kesultanan. Kemudian ada penipuan dengan menambahkan marga Pattimura Mattulessy. Padahal di negeri Sahulau tidak ada marga Pattimura atau Mattulessy. Di sana hanya ada marga Kasimiliali yang leluhur mereka adalah Sultan Abdurrahman.

Jadi asal nama Pattimura dalam buku sejarah nasional adalah karangan dari Sapija. Sedangkan Mattulessy bukanlah marga melainkan nama, yaitu Ahmad Lussy. Dan nama Thomas Mattulessy sebenarnya tidak pernah ada di dalam sejarah perjuangan rakyat Maluku.

Berbeda dengan Sapija, Mansyur Suryanegara berpendapat bahwa Pattimura itu marga yang masih ada sampai sekarang. Dan semua orang yang bermarga Pattimura sekarang ini adalah Muslim. Orang-orang tersebut mengaku ikut agama nenek moyang mereka yaitu Pattimura.

Masih menurut Mansyur, mayoritas kerajaan-kerajaan di Maluku adalah kerajaan Islam. Di antaranya adalah kerajaan Ambon, Herat, dan Jailolo. Begitu banyaknya kerajaan sehingga orang Arab menyebut kawasan ini dengan Jaziratul Muluk (Negeri Raja-raja). Sebutan ini kelak dikenal dengan Maluku.

Mansyur pun tidak sependapat dengan Maluku dan Ambon yang sampai kini diidentikkan dengan Kristen. Penulis buku 'Menemukan Sejarah' (yang menjadi best seller) ini mengatakan, "Kalau dibilang Ambon itu lebih banyak Kristen, lihat saja dari udara (dari pesawat), banyak Masjid atau Gereja? Kenyataannya, lebih banyak menara masjid daripada gereja."

Sejarah tentang Pattimura yang ditulis M Sapija, dari sudut pandang antropologi juga kurang meyakinkan. Misalnya dalam melukiskan proses terjadi atau timbulnya seorang kapitan. Menurut Sapija, gelar kapitan adalah pemberian Belanda. Padahal tidak.

Perjuangan Kapitan Ahmad Lussy

Perlawanan rakyat Maluku terhadap pemerintahan kolonial Hindia Belanda disebabkan beberapa hal. Pertama, adanya kekhawatiran dan kecemasan rakyat akan timbulnya kembali kekejaman pemerintah seperti yang pernah dilakukan pada masa pemerintahan VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie).

Kedua, Belanda menjalankan praktik-praktik lama yang dijalankan VOC, yaitu monopoli perdagangan dan pelayaran Hongi. Pelayaran Hongi adalah polisi laut yang membabat pertanian hasil bumi yang tidak mau menjual kepada Belanda.

Ketiga, rakyat dibebani berbagai kewajiban berat, seperti kewajiban kerja, penyerahan ikan asin, dendeng, dan kopi. Akibat penderitaan itu maka rakyat Maluku bangkit mengangkat senjata. Pada tahun 1817, perlawanan itu dikomandani oleh Kapitan Ahmad Lussy.Pattimura-Ahmad Lussy-1783-1817-Pahlawan Muslim Maluku-jpeg.image

Rakyat berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Bahkan residennya yang bernama Van den Bergh terbunuh. Perlawanan meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.

Perlawanan rakyat di bawah komando Kapitan Ahmad Lussy itu terekam dalam tradisi lisan Maluku yang dikenal dengan petatah-petitih. Tradisi lisan ini justru lebih bisa dipertanggungjawabkan daripada data tertulis dari Belanda yang cenderung menyudutkan pahlawan Indonesia.

Di antara petatah-petitih itu adalah sebagai berikut:

 "Yami Patasiwa

Yami Patalima

Yami Yama'a Kapitan Mat Lussy

Matulu lalau hato Sapambuine

Ma Parang kua Kompania

Yami yama'a Kapitan Mat Lussy

Isa Nusa messe

Hario,

Hario,

Manu rusi'a yare uleu uleu `o

Manu yasamma yare uleu-uleu `o

Talano utala yare uleu-uleu `o

Melano lette tuttua murine

Yami malawan sua mena miyo

Yami malawan sua muri neyo

(Kami Patasiwa

Kami Patalima

Kami semua dipimpin Kapitan Ahmad Lussy

Semua turun ke kota Saparua

Berperang dengan Kompeni Belanda

Kami semua dipimpin Kapitan Ahmad Lussy

Menjaga dan mempertahankan

Semua pulau-pulau ini

Tapi pemimpin sudah dibawa ditangkap

Mari pulang semua

Ke kampung halaman masing-masing

Burung-burung garuda (laskar-laskar Hualoy)

Sudah pulang-sudah pulang

Burung-burung talang (laskar-laskar sekutu pulau-pulau)

Sudah pulang-sudah pulang

Ke kampung halaman mereka

Di balik Nunusaku

Kami sudah perang dengan Belanda

Mengepung mereka dari depan

Mengepung mereka dari belakang

Kami sudah perang dengan Belanda

Memukul mereka dari depan

Memukul mereka dari belakang)."

Berulangkali Belanda mengerahkan pasukan untuk menumpas perlawanan rakyat Maluku, tetapi berulangkali pula Belanda mendapat pukulan berat. Karena itu Belanda meminta bantuan dari pasukan yang ada di Jakarta. Keadaan jadi berbalik. Belanda semakin kuat dan perlawanan rakyat Maluku terdesak.

Akhirnya Ahmad Lussy dan kawan-kawan tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817 Ahmad Lussy beserta kawan-kawannya menjalani hukuman mati di tiang gantungan.

Nama Pattimura sampai saat ini tetap harum. Namun nama Thomas Mattulessy lebih dikenal daripada Ahmad Lussy atau Mat Lussy.

Menurut Mansyur Suryanegara, memang ada upaya-upaya deislamisasi dalam penulisan sejarah. Ini mirip dengan apa yang terjadi terhadap Wong Fei Hung di Cina.

Pemerintah nasionalis-komunis Cina berusaha menutupi keislaman Wong Fei Hung, seorang Muslim yang penuh izzah (harga diri) sehingga tidak menerima hinaan dari orang Barat. Dalam film Once Upon A Time in China, tokoh kharismatik ini diperankan aktor ternama Jet Li.

Dalam sejarah Indonesia, seperti halnya Pattimura, Sisingamangaraja yang orang Batak, sebenarnya juga seorang Muslim, karena mengibarkan bendera merah putih.

Ada apa dengan bendera merah putih? Mansyur merujuk pada hadits Imam Muslim dalam Kitab Al-Fitan Jilid X, halaman 340 dari Hamisy Qastalani. Di situ tertulis, Imam Muslim berkata:

"Zuhair bin Harb bercerita kepadaku, demikian juga Ishaq bin Ibrahim, Muhammad bin Mutsanna dan Ibnu Basyyar. Ishaq bercerita kepada kami. Orang-orang lain berkata: Mu'adz bin Hisyam bercerita kepada kami, ayah saya bercerita kepadaku, dari Qatadah dari Abu Qalabah, dari Abu Asma' Ar-Rahabiy, dari Tsauban, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, 'Sesungguhnya Allah memperlihatkan kepadaku bumi, timur dan baratnya. Dan Allah melimpahkan dua perbendaharaan kepadaku, yaitu merah dan putih'."
Pattimura-Fort Victoria (sekarang menjadi Markas KODIM 733 Batalyon Masariku) sbg saksi Sejarah Kegigihan Pattimura dlm mengusir penjajah dari tanah Maluku. Di depan benteng ini Pattimura dihukum Gantung-jpeg.image

Demikianlah pelurusan sejarah Pattimura yang sebenarnya bernama Kapitan Ahmad Lussy atau Mat Lussy. Wallahu A'lam bish Shawab. (dari berbagai sumber).

Kemenangan Aher-Deddy Membakar Semangat Kader PKS

Posted: 24 Feb 2013 09:18 PM PST

Kemenangan pasangan calon gubernur Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar dalam hitung cepat pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat 2013, membakar semangat kader Partai Keadilan Sejahtera.

"Ini akan menjadi energi bagi seluruh kader PKS di Indonesia untuk terus bekerja agar kemenangan-kemenangan dakwah bisa diraih di seluruh Indonesia," kata Ketua Dewan Pengurus Wilayah PKS Kepulauan Riau Abdul Rahman di Batam, Senin (25/2)


Ia mengatakan kemenangan Aher-Deddy menambah keyakinan dan kesolidan kader PKS dalam upaya memenangkan kandidatnya dalam Pilkada dan menghadapi Pemilu 2014.

"Insya Allah kemenangan ini merupakan awal kemenangan PKS di Pilgub selanjutnya, yaitu di Sumatera Utara," katanya.

Menurut dia, hasil penghitungan cepat itu juga menunjukan analisis pengamat politik salah. Para pengamat sepakat riwayat PKS akan habis usai presidennya kala itu Luthfi Hasan ditetapkan sebagai tersangka korupsi.

"Hasil Pilgub Jabar telah menjungkirbalikan pendapat sebagian pengamat bahwa PKS telah selesai dan tamat pasca tsunami politik yang menimpanya," ujar dia.

Senada dengan Abdul Rahman, Sekretaris Umum DPW PKS Kepri Raden Hari Tjahyono mengatakan kemenangan hitung cepat PKS di Pemilihan Gubernur Jabar dapat menambah semangat kader PKS yang ada di Kepri untuk terus bekerja.

Mengenai pandangan pengamat politik tentang "badai" yang dialami partai itu, ia mengatakan justru sebaliknya. Menurut dia, tudingan korupsi yang dialamatkan kepada mantan presidennya malah semakin membuat kader partai solid.

Meski begitu, kemenangan Aher-Deddy belum bisa mencerminkan keberhasilan partai itu dalam Pemilu 2014, kata dia. Menurut Raden, Pemilu Legislatif berbeda dengan Pemilihan Kepala Daerah. "Pilkada beda dengan Pileg, kalau Pilkada lebih ke figur," kata dia.

Figur Ahmad Heryawan yang notabene "incumbent" dan ditopang Deddy Mizwar seorang budayawan yang cukup populer di mata masyarakat Jawa Barat menambah popularitasnya dalam memenangkan pemilihan gubernur.


Hanya Tinggal 650 KM

Posted: 24 Feb 2013 04:05 PM PST

Seluruh kota Itali dalam keadaan panik karena merasa bahaya yang semakin mendekati mereka. Hal itu pula yang membuat Paus Siktus IV , begitu khawatir dengan keselamatan kota Roma. Ia membuat surat ajakan perang Salib baru yang pernah ia buat pada tahun 1471 kepada Hongaria, Perancis dan sejumlah negara Eropa lainnya untuk melawan Turki. Semua menjawab panggilan perang itu dengan baik kecuali Venice, yang masih memiliki perjanjian dengan Turki. Paus telah pula membuat rencana untuk mengevakuasi seisi Roma apa bila pasukan Turki telah berada di gerbang kota.


Menjelang akhir Agustus, Pasha Ahmad mengirimkan 70 kapal dari armada Ottoman untuk menyerang kota Vieste.

Pada bulan Oktober, Pasha menyerang kota-kota Lecce, Taranto, dan Brindisi. Ia meninggalkan pasukan di Otranto yang terdiri dari 800 infanteri dan 500 kavaleri. Hanya saja saat itu cuaca sangat tidak menguntungkan buat pasukan Turki. Pasha telah kehilangan kesempatan untuk menyerang daerah barat laut, terlebih lagi saat itu persediaan makanan amat sulit di temukan di Apulia. Kemudian ia memutuskan untuk berlayar meninggalkan Itali sebelum terjadinya badai musim dingin di Adriatik yang ia sadari akan memotong komunikasi sepenuhnya dari Konstantinopel. Tapi ia tetap meninggalkan pasukan di Otranto dengan maksud apabila musim dingin selesai maka ia akan kembali dengan jumlah pasukan yang lebih besar.

Pengepungan Otranto oleh pasukan Turki terus berlanjut dalam beberapa bulan lamanya. Puncak serangan di bulan Agustus dan September 1481.  Di serangan kedua ini Otranto dapat di kuasai , namun ini tidak bertahan lama karena bantuan untuk Otranto terus berdatangan dan jumlah pasukan musuh yang terus bertambah.  Investasi kekuatan benar-benar di fokuskan pada Otranto, hingga seluruh pasukan Turki di Otranto syahid dan tidak ada yang bersisa.

Dan di tahun yang sama pada tanggal 3 Mei 1481, Sultan Muhammad Al Fatih pun wafat di sebuah kota Gebze di saat ia sedang fokus untuk mempersiapkan perang berikutnya. Sebagian besar pendapat mengatakan kematiannya yang mendadak itu karena ia di racun. Seluruh Eropa berbahagia dengan kematian Muhammad Al Fatih. Bahkan Paus memerintahkan untuk berdo'a secara khusus di gereja-gereja atas kematian Muhammad Al Fatih.
Tinggal 650 KM

Otranto sebuah kota yang menjadi saksi tentang upaya generasi muslim untuk mewujudkan kalimat nabinya ,
حَدَّثَنِي أَبُو قَبِيلٍ ، قَالَ : كُنَّا عِنْدَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ العاص ، وَسُئِلَ أَيُّ الْمَدِينَتَيْنِ تُفْتَحُ أَوَّلًا الْقُسْطَنْطِينِيَّةُ أَوْ رُومِيَّةُ ؟ فَدَعَا عَبْدُ اللَّهِ بِصُنْدُوقٍ لَهُ حَلَقٌ ، قَالَ : فَأَخْرَجَ مِنْهُ كِتَابًا ، قَالَ : فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ : بَيْنَمَا نَحْنُ حَوْلَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَكْتُبُ ، إِذْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْمَدِينَتَيْنِ تُفْتَحُ أَوَّلًا قُسْطَنْطِينِيَّةُ أَوْ رُومِيَّةُ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " مَدِينَةُ هِرَقْلَ تُفْتَحُ أَوَّلًا " يَعْنِي قُسْطَنْطِينِيَّةَ

Abu Qubail berkata: Ketika kami bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: dua kota ini mana yang akan ditaklukkan terlebih dahulu; Konstantinopel atau Roma? Abdullah bin Amr bin Ash  meminta kotak miliknya, dia mengeluarkan dari dalamnya sebuah buku. Kemudian Abdullah berkata: Ketika kami sedang ada di sekeliling Rasulullah, kami menulis, Rasulullah ditanya: dua kota ini mana yang akan ditaklukkan terlebih dahulu; Konstantinopel atau Roma? Rasulullah bersabda, Kota Heraklius yang akan ditaklukkan terlebih dahulu. Yaitu Konstantinopel. (HR. Ahmad, dishahihkan oleh Al Hakim,  Adz Dzahabi dan Al Albani)

Muhammad Al Fatih menaklukkan Konstantinopel setelah 800 tahun ucapan Rasulullah Shalallahu'alaihi wasallam. Dan keinginannya untuk menaklukkan kota berikutnya "Roma" terhenti di Otranto. Otranto yang jaraknya ke kota Roma hanya tinggal 650KM. Atau kurang sedikit dari jarak Jakarta Surabaya. Dan di kota inilah semua kebesaran Roma di pertaruhkan. Di kota ini pula semua kekuatan Salibis di pusatkan. Karena mereka semua  menyadari bahwa apabila kota ini di taklukkan maka Roma hanya tinggal selangkah lagi. Banyak pengamat sejarah mengatakan seandainya Otranto jatuh ke tangan muslimin saat itu maka sejarah Roma hari ini akan berubah.

Takdir Allah Subhanawata'ala hanya memberikan Konstantinopel buat Muhammad Al Fatih. Sementara Roma Allah Subhanawata'ala sediakan buat generasi setelahnya yang sadar betul bahwa ucapan Rasulullah ini pasti terwujud, karena tidaklah yang di ucapkan Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam melainkan kebenaran wahyu Allah Subhanawata'ala . (An Najm : 4). Ini adalah proyek antar generasi yang menjalin kesholehan satu dengan lainnya. Kesholehan yang tidak berhenti pada sebuah masa tertentu. Hingga lahir seseorang pemimpin yang Sholeh dan brilian seperti Muhammad Al Fatih. Ia yang hafal quran sejak kecil, sadar betul bahwa benteng Konstantinopel tersebut akan di taklukkan oleh seorang pemimpin terbaik dengan pasukan terbaik.  Yang ia lakukan adalah berupaya menjadikan dirinya menjadi terbaik di hadapan Allah dan memastikan bahwa pasukan yang ia pimpin adalah orang-orang terbaik di hadapan Allah. Dalam usia 19 tahun sudah menjadi gubernur di Magnesia. Saat berusia 21 tahun, ia yang menguasai 6 bahasa di luar bahasa ibunya (Bahasa Turki), ia pun menguasai  ilmu militer, pemerintahan, matematika, pengetahuan alam, dan berbagai ilmu lain pun akhirnya menundukkan Konstantinopel.

Roma pasti akan di taklukkan, karena itu sudah terucap oleh Nabi Shalallahu'alaihi wasallam. Tinggal siapa di antara orang tua, para guru dan setiap individu muslim yang ingin berjuang menghasilkan generasi-generasi sekualitas Al Fatih yang akan mewujudkan perkataan Nabi Shalallahu'alaihi wasallam sebagai penakluk Roma. Mungkin kita hari ini tidak sempat merasakannya tapi menjadi bagian dari proses itu tentulah sebuah amal sholeh yang mulia.

Tujuh Keajaiban Hewan dan Batu dalam Sejarah Islam

Posted: 24 Feb 2013 03:56 PM PST

1. Hewan Berbicara di Akhir Zaman

Maha suci Allah yang telah membuat segala sesuatunya berbicara sesuai dengan yang Ia kehendaki. Termasuk dari tanda-tanda kekuasaanya adalah ketika terjadi hari kiamat akan muncul hewan melata yang akan berbicara kepada manusia sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an, surah An-Naml ayat 82,

"Dan apabila perkataan Telah jatuh atas mereka, kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami".

Mufassir Negeri Syam, Abul Fida' Ibnu Katsir Ad-Dimasyqiy berkomentar tentang ayat di atas, "Hewan ini akan keluar diakhir zaman ketika rusaknya manusia, dan mulai meninggalkan perintah-perintah Allah, dan ketika mereka telah mengganti agama Allah. Maka Allah mengeluarkan ke hadapan mereka hewan bumi. Konon kabarnya, dari Makkah, atau yang lainnya sebagaimana akan datang perinciannya. Hewan ini akan berbicara dengan manusia tentang hal itu".[Lihat Tafsir Ibnu Katsir (3/498)]

Hewan aneh yang berbicara ini akan keluar di akhir zaman sebagai tanda akan datangnya kiamat dalam waktu yang dekat. Nabi -Shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda,
"Sesungguhnya tak akan tegak hari kiamat, sehingga kalian akan melihat sebelumnya 10 tanda-tanda kiamat: Gempa di Timur, gempa di barat, gempa di Jazirah Arab, Asap, Dajjal, hewan bumi, Ya'juj & Ma'juj, terbitnya matahari dari arah barat, dan api yang keluar dari jurang Aden, akan menggiring manusia". [HR. Muslim dalam Shohih-nya (2901), Abu Dawud dalam Sunan-nya (4311), At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (2183), dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya (4041)]

2. Pohon Kurma yang Menangis


Adanya pohon kurma yang menangis ini terjadi di zaman Rasulullah -Shollallahu 'alaihi wasallam- , mengapa sampai pohon ini menangis?

Kisahnya, Jabir bin Abdillah-radhiyallahu 'anhu- bertutur,
"Jabir bin Abdillah -radhiyallahu 'anhu- berkata: "Adalah dahulu Rasulullah -Shollallahu 'alaihi wasallam- berdiri (berkhutbah) di atas sebatang kurma, maka tatkala diletakkan mimbar baginya, kami mendengar sebuah suara seperti suara unta dari pohon kurma tersebut hingga Rasulullah -Shollallahu 'alaihi wasallam- turun kemudian beliau meletakkan tangannya di atas batang pohon kurma tersebut" .[HR.Al-Bukhariy dalam Shohih-nya (876)]

Ibnu Umar-radhiyallahu 'anhu- berkata,
"Dulu Nabi -Shallallahu 'alaihi wa sallam- berkhuthbah pada batang kurma. Tatkala beliau telah membuat mimbar, maka beliau berpindah ke mimbar itu. Batang korma itu pun merintih. Maka Nabi -Shollallahu 'alaihi wasallam- mendatanginya sambil mengeluskan tangannya pada batang korma itu (untuk menenangkannya)". [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (3390), dan At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (505)]

3. Untaian Salam Batu Aneh

Mungkin kalau seekor burung yang pandai mengucapkan salam adalah perkara yang sering kita jumpai. Tapi bagaimana jika sebuah batu yang mengucapkan salam. Sebagai seorang hamba Allah yang mengimani Rasul-Nya, tentunya dia akan membenarkan seluruh apa yang disampaikan oleh Rasul-Nya, seperti pemberitahuan beliau kepada para sahabatnya bahwa ada sebuah batu di Mekah yang pernah mengucapkan salam kepada beliau sebagaimana dalam sabdanya,

Dari Jabir bin Samurah dia berkata, Rasulullah -Shollallahu 'alaihi wasallam- bersabda, "Sesungguhnya aku mengetahui sebuah batu di Mekah yang mengucapkan salam kepadaku sebelum aku diutus, sesungguhnya aku mengetahuinya sekarang".[HR.Muslim dalam Shohih-nya (1782)].

4. Pengaduan Seekor Onta

Manusia adalah makhluk yang memiliki perasaan. Dari perasaan itu timbullah rasa cinta dan kasih sayang di antara mereka. Akan tetapi ketahuilah, bukan hanya manusia saja yang memiliki perasaan, bahkan hewan pun memilikinya. Oleh karena itu sangat disesalkan jika ada manusia yang tidak memiliki perasaan yang membuat dirinya lebih rendah daripada hewan. Pernah ada seekor unta yang mengadu kepada Rasulullah -Shollallahu 'alaihi wasallam-mengungkapkan perasaannya.

Abdullah bin Ja'far-radhiyallahu 'anhu- berkata, "Pada suatu hari Rasulullah -Shallallahu 'alaihi wasallam- pernah memboncengku dibelakangnya, kemudian beliau membisikkan tentang sesuatu yang tidak akan kuceritakan kepada seseorang di antara manusia. Sesuatu yang paling beliau senangi untuk dijadikan pelindung untuk buang hajatnya adalah gundukan tanah atau kumpulan batang kurma. lalu beliau masuk kedalam kebun laki-laki Anshar. Tiba tiba ada seekor onta. Tatkala Nabi -Shallallahu 'alaihi wasallam- melihatnya, maka onta itu merintih dan bercucuran air matanya. Lalu Nabi -Shallallahu 'alaihi wasallam- mendatanginya seraya mengusap dari perutnya sampai ke punuknya dan tulang telinganya, maka tenanglah onta itu. Kemudian beliau bersabda, "Siapakah pemilik onta ini, Onta ini milik siapa?" Lalu datanglah seorang pemuda Anshar seraya berkata, "Onta itu milikku, wahai Rasulullah".

Maka Nabi -Shallallahu 'alaihi wasallam- bersabda,
"Tidakkah engkau bertakwa kepada Allah dalam binatang ini, yang telah dijadikan sebagai milikmu oleh Allah, karena ia (binatang ini) telah mengadu kepadaku bahwa engkau telah membuatnya letih dan lapar". [HR. Abu Dawud dalam As-Sunan (1/400), Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (2/99-100), Ahmad dalam Al-Musnad (1/204-205), Abu Ya'la dalam Al-Musnad (3/8/1), Al-Baihaqiy dalam Ad-Dala'il (6/26), dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqa (9/28/1). Lihat Ash-Shahihah (20)]

5. Kesaksian Kambing Panggang

Kalau binatang yang masih hidup bisa berbicara adalah perkara yang ajaib, maka tentunya lebih ajaib lagi kalau ada seekor kambing panggang yang berbicara. Ini memang aneh, akan tetapi nyata. Kisah kambing panggang yang berbicara ini terdapat dalam hadits berikut:

Abu Hurairah-radhiyallahu 'anhu- berkata,
"Rasulullah -Shollallahu 'alaihi wasallam- menerima hadiah, dan tak mau makan shodaqoh. Maka ada seorang wanita Yahudi di Khoibar yang menghadiahkan kepada beliau kambing panggang yang telah diberi racun. Lalu Rasulullah -Shallallahu 'alaihi wa sallam- pun memakan sebagian kambing itu, dan kaum (sahabat) juga makan. Maka Nabi -Shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda, "Angkatlah tangan kalian, karena kambing panggang ini mengabarkan kepadaku bahwa dia beracun". Lalu meninggallah Bisyr bin Al-Baro' bin MA'rur Al-Anshoriy. Maka Nabi -Shallallahu 'alaihi wa sallam- mengirim (utusan membawa surat), "Apa yang mendorongmu untuk melakukan hal itu?" Wanita itu menjawab, "Jika engkau adalah seorang nabi, maka apa yang aku telah lakukan tak akan membahayakan dirimu. Jika engkau adalah seorang raja, maka aku telah melepaskan manusia darimu". Kemudian Rasulullah -Shallallahu 'alaihi wa sallam- memerintahkan untuk membunuh wanita itu, maka ia pun dibunuh. Nabi -Shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda ketika beliau sakit yang menyebabkan kematian beliau,"Senantiasa aku merasakan sakit akibat makanan yang telah aku makan ketika di Khoibar. Inilah saatnya urat nadi leherku terputus". [HR. Abu Dawud dalam Sunan-nya (4512). Di-shohih-kan Al-Albaniy dalam Shohih Sunan Abi Dawud (hal.813), dengan tahqiq Masyhur Hasan Salman]

6. Batu yang Berbicara

Setelah kita mengetahu adanya batu yang mengucapkan salam, maka keajaiban selanjutnya adalah adanya batu yang berbicara di akhir zaman. Jika kita pikirkan, maka terasa aneh, tapi demikianlah seorang muslim harus mengimani seluruh berita yang disampaikan oleh Rasulullah -Shollallahu 'alaihi wasallam-, baik yang masuk akal, atau tidak. Karena Nabi -Shallallahu 'alaihi wa sallam- tidaklah pernah berbicara sesuai hawa nafsunya, bahkan beliau berbicara sesuai tuntunan wahyu dari Allah Yang Mengetahui segala perkara ghaib.
Rasulullah -Shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda,

"Kalian akan memerangi orang-orang Yahudi sehingga seorang diantara mereka bersembunyi di balik batu. Maka batu itu berkata, "Wahai hamba Allah, Inilah si Yahudi di belakangku, maka bunuhlah ia". [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (2767), dan Muslim dalam Shohih-nya (2922)]

Al-Hafizh Ibnu Hajar-rahimahullah- berkata, "Dalam hadits ini terdapat tanda-tanda dekatnya hari kiamat, berupa berbicaranya benda-benda mati, pohon, dan batu. Lahiriahnya hadits ini (menunjukkan) bahwa benda-benda itu berbicara secara hakikat".[Lihat Fathul Bari (6/610)]

7. Semut Memberi Komando

Mungkin kita pernah mendengar cerita fiktif tentang hewan-hewan yang berbicara dengan hewan yang lain. Semua itu hanyalah cerita fiktif belaka alias omong kosong. Tapi ketahuilah wahai para pembaca, sesungguhnya adanya hewan yang berbicara kepada hewan yang lain, bahkan memberi komando, layaknya seorang komandan pasukan yang memberikan perintah. Hewan yang memberi komando tersebut adalah semut. Kisah ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Al-Qur'an,

"Dan Sulaiman Telah mewarisi Daud, dan dia berkata: "Hai manusia, kami Telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) Ini benar-benar suatu kurnia yang nyata".Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.Maka dia (Sulaiman) tersenyum dengan tertawa Karena (mendengar) perkataan semut itu. dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah Aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu yang Telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah Aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (QS.An-Naml: 16-19).

Inilah beberapa perkara yang lebih layak dijadikan "Tujuh Keajaiban Dunia" yang menghebohkan, dan mencengangkan seluruh manusia. Orang-orang beriman telah lama meyakini dan mengimani perkara-perkara ini sejak zaman Nabi -Shallallahu 'alaihi wa sallam- sampai sekarang. Namun memang kebanyakan manusia tidak mengetahui perkara-perkara itu. Oleh karena itu, kami mengangkat hal itu untuk mengingatkan kembali, dan menanamkan aqidah yang kokoh di hati kaum muslimin  - Almakasarcom

10 Pesan Anis Matta atas Kemenangan Aher-Deddy Mizwar

Posted: 24 Feb 2013 03:49 PM PST

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan, kemenangan sementara pasangan Ahmad Heryawan (Aher)- Deddy Mizwar seperti yang ditunjukkan oleh hasil penghitungan cepat lembaga survei, adalah kemenangan di tengah badai.

"Kemenangan pasangan Aher-Deddy Mizwar datang di tengah badai yang menimpa PKS. Ini adalah kemenangan hati nurani, kejujuran yang tak bisa dihancurkan oleh konspirasi dan fitnah," kata Anis Matta, Minggu (24/2/2013).
Berikut point-point pernyataan Presiden PKS Anis Matta yang disampaikan oleh Mahfudz Siddiq, wakil Sekjen PKS, via akun twitternya @mahfudzsiddiq :

    Alhamdulillah ada 'ijma semua lembaga quick-count bahwa Aher-Demiz menangkan pilgub Jabar dengan 31-33% suara.

    Kami masih tetap tunggu hasil real-count KPU yang kami kalkulasi perolehan Aher-Demiz bisa capai 33-35%. Basis data saksi PKS kuat.

    PKS berterima kasih kpd warga Jabar yang masih memberi kepercayaan kepada kader PKS, Aher yang sekarng didampingi Deddy Mizwar.

    Kepercayaan warga Jabar tunjukkan kecerdasan mereka dalam memilih dan sikapi peristiwa politik. Bahkan ditengah black-campaign.

    PKS apresiasi kebersamaan dan perjuangan Hanura, PPP dan PBB dalam menangkan Aher-Demiz. Soliditas berbuah kekuatan.

    PKS juga apresiasi semua elemen pendukung dari organisasi/kelompok dan tokoh-tokoh serta ulama yang ikhlas membantu kemenangan Aher-Demiz.

    Sebagai Presiden PKS, saya ingin sapa lagi semua kader di Jabar yang dengan penuh ikhlas, juhud & tadhiyah. Kemenangan ini milik antum.

    Kemenangan di Pilgub Jabar jadi indikasi suksesnya konsolidasi nasional sejak prahara lalu. Kelemahan telah diubah jadi kekuatan.

    Kemenangan pilgub Jabar ini akan jadi tambahan energi PKS untuk menangkan pilgub Sumut dengan pasangan GANTENG.

    Pesan terakhir saya: "Jika kita terus bekerja maka Allah akan bukakan pintu-pintu kepercayaan dan kemenangan dari mana saja."

Cium Tangan yang Menakjubkan

Posted: 24 Feb 2013 03:46 PM PST

Seorang anak umur 5-6 tahun terengah-engah memasuki sebuah masjid di kota Paris, Perancis. Di dalam masjid, terdapat imam yang tengah mengajar pengenalan huruf Al-Quran.
Tanpa ba-bi-bu, si anak berkata, "Ibuku mengirim ke tempat ini agar aku belajar di sekolah Tuan!"
"Mana ibumu, saya mau tanyakan beberapa hal", tanya imam masjid.
"Ia ada di luar masjid, karena ia belum muslim", jawab si anak.
Sang imam bergegas keluar, menemui si ibu yang tengah duduk sembari mengamati anaknya yang sudah di dalam masjid.

Ketika melihat imam masjid menghampiri, ia berdiri. Terjadilah dialog antara keduanya.
Imam: "Mengapa anda mengizinkan putra anda belajar di masjid?"
Ibu: "Aku sering melihat tetanggaku, seorang muslimah. Aku terus perhatikan, ia rajin mengantar anak-anaknya berangkat sekolah. Saya sangat takjub. Karena setiap kali anak itu pergi sekolah, setiap kali itu pula mereka mencium tangan sang ibu. Amazing dan mengharukan ...Nampak mereka sangat bahagia" tukas si ibu.
Sebelum sang imam menjawab, si ibu berkata kembali, "Wahai imam, saya belum pernah melihat seorang muslim di negeri ini, yang tega menitipkan orangtua mereka yang renta di panti asuhan atau panti jompo. Oleh karena itu, aku titipkan anakku agar anda ajari nilai-nilai universalitas Islam. Izinkan kurengkuh kebahagiaan itu."

Sahabat, realita dan catatan sejarah membuktikan: tersebar dan mengakarnya Islam dahulu hingga bisa menguasai dunia selama 14 abad dan sampai ke tanah nusantara, ternyata bukan karena sajian ILMIAH, untaian dalil, kibaran bendera hitam-putih-merah-kuning-hijau, gelegarnya teriakan takbir, atau jargon-jargon yang memenuhi pikiran namun tak mudah direalisasikan.

Islam terus berjaya, karena kesederhanaan pemahaman yang mengedepankan akhlak dan adab-adab terpuji. Anggap saja hari ini masyarakat kita adalah masyarakat JAHILIYAH atau SUPERJAHILIYAH, semua tidak melulu disebabkan ghazwul fikri, Zionisme, atau Salibisme. Tapi bisa jadi karena dakwah kita MONOTON, TERLALU ILMIAH, TERLALU TINGGI, hingga tak mudah dipahami masyarakat awam. Terlebih akhlak dan perilaku kita pun, tak seWAH dalil-dalil SUNNAH yang kita dakwahkan.

Negara Islam Pelopor Senjata Modern

Posted: 24 Feb 2013 02:05 PM PST

Sejak zaman Nabi Nuh as, kira-kira tahun 5000 SM, hingga tahun 1400 M, persenjataan tentera di dunia hanya didominasi oleh pedang, panah, tombak, kuda dan senjata-senjata tradisional lainnya, namun tidak pernah terfikir oleh kita bahawa kaum Muslimlah yang menjadi pelopor kepada persenjataan modern.

Jika kita baca buku-buku teks di sekolah, para pejuang kita digambarkan kononnya berperang dengan penjajah hanya dengan penggunaan senjata tajam seperti pedang, panah, keris, atau bambu runcing, namun hakikatnya ia tidaklah se'kuno' begitu. Pada awal kedatangan Penjajah Belanda ( VOC ) iaitu sekitar abad ke-16, Belanda juga masih menggunakan tombak, pedang, panah dan hanya sebahagian saja yang memakai senapang dan
menggunakan meriam. Kesultanan Demak dan Aceh ketika itu sudah pun menggunakan meriam, bahkan Kesultanan Demak pernah mendatangkan pakar meriam dari negara Cina yang beragama Islam (Zaman Dinasti Ming, politik dan ekonomi Cina dikuasai kaum Muslim), yang disuruh membangunkan persenjataan artileri seperti meriam.

Kaum muslim pada masa Khalifah Islam sudah menciptakan pelbagai persenjataaan moden pada zamannya dan hasil dari pemikiran cemerlang yang melangkaui pemikiran manusia pada zamannya.

Ibnu Firnas the First Flying Man
Sekitar tahun 990 M, Ibnu Firnas seorang ilmuwan dari Andalusia (Sepanyol) memimpikan bagaimana mungkin suatu ketika manusia mampu terbang bebas di angkasa seperti burung. Ibnu Firnas sebenarnya terinspirasi daripada kejadian Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Ibnu Firnas bagaimanapun terfikir adalah mustahil untuk manusia biasa mampu menunggang Bouraq, yakni kenderaan Nabi Muhammad SAW ketika Isra' Mi' raj.
Ibnu Firnas ( Armen Firman ), mula meneliti gerak aerodinamika, fisikal udara dan anatomi burung serta kelelawar. Hinggalah pada suatu ketika, beliau berjaya mencipta sebuah 'alat terbang' seperti sayap kelawar. Ciptaan Ibnu Firnas ini melalui tempoh percubaan apabbila beliau menaiki menara Masjid Cordoba, sambil disaksikan oleh ribuan orang yang berada dibawahnya, Setelah melakukan terjunan beliau kemudiannya melayang terbang sejauh kira-kira 3 KM (jarak ini paling maksimum) dan telah mendarat dengan selamat. Ribuan orang yang menyaksikan kejadian itu, bertepuk tangan atas kejayaan ciptaannya. lain pula jadinya kepada masyarakat Eropah, yang ketika itu sedang di era kegelapan, heboh sendiri kerana menganggap Ibnu Firnas melakukan sihir yang mereka saja belum pernah melihatnya.
Alat terbang Ibnu Firnas inilah yang kemudiannya telah menginspirasikan Wright Brothers untuk mencipta pesawat terbang pada awal abad 20.

Basilica Canon the First Ottoman's Great Bombard
Rasulullah SAW pernah mengirim surat kepada Raja Heraklius agar Heraklius memeluk Islam atau paling tidak, tunduk pada agama Islam jika benar sekalipun Heraklius tidak mahu memeluk agama Islam. Namun Raja Heraklius menolak nasihat Rasulullah SAW itu kerana meremehkan kekuatan kaum muslim yang hanya seluas kota Madinah saja, sedangkan Heraklius adalah penjajah hampir seluruh benua Eropah dan sebahagian Asia Barat serta pesisir utara Afrika.

Nabi Muhammad SAW ketika menggali Parit Khandaq bersabda :
    "...Constantinople (kini Istanbul) akan jatuh ke tangan tentera Islam. Rajanya adalah sebaik-baik raja, tenteranya adalah sebaik-baik tentera..."
    Hadis riwayat Imam Ahmad
825 tahun kemudian iaitu tahun 1452 M, seorang Khalifah Muda bernama Sultan Muhammad Al Fatih dari empayar kekhalifahan Turki Uthmaniyah, telah mencipta sebuah penemuan yang menggoncang dunia iaitu berupa meriam pengebom gergasi yang baginda sendiri telah namakan dalam Bahasa Turki, Qanun Bassilick atau Bassilica Canon dalam Bahasa Inggeris (The Great Bombard) yang akan digunakan bagi menembusi tembok pertahanan Constantinopel yang selama 1100 tahun tidak tidak berjaya ditembusi oleh pelbagai macam senjata. Meriam tersebut mampu melepaskan tembakan bola besi padat seberat 700 kg dengan jarak tembakannya adalah 1,6 km.
The Great Bombard Muhammad Al Fatih, di moncongya tertulis sepotong ayat (doa) kepada Allah SWT agar membukakan pintu kota Constantinopel untuknya dan membukakan pintu hati warganya untuk memeluk serta menerima ajaran Islam
Akhirnya atas pertolongan Allah SWT, pada 29 Mei 1453 kota yang telah dijanjikan kepada kaum muslim iaitu, Constantinopel telah berjaya ditakluki dan menjadi ibu kota negara Khalifah Islam selama 500 tahun. Nama Costantinople kemudiannya ditukar kepada Islam Bol yang bermaksud Bandar Islam dan kemudiannya dijadikan sebagai ibu negara ketiga Khilafah Uthmaniyah selepas Bursa dan Edirne.

Kekallah bumi yang mulia itu sebagai pusat pemerintahan, ketamadunan, keilmuan dan keagungan Islam berkurun lamanya.. sehinggalah Khilafah Othmaniyyah ditamatkan sejarahnya oleh Mustafa Kemal Ataturk secara rasminya pada tahun 1924M. Aya Sofya kembali dikristiankan oleh Ataturk atas nama muzium. Gambar- gambar syirik kembali bertempelan di kubah masjid yang berdukacita itu. Manifesto Parti Refah pada pilihanraya yang lalu untuk mengembalikan Masjid Aya Sofya ke kegemilangan sejarahnya, berkubur buat sementara dengan pengharaman parti itu beberapa tahun yang lalu.

Janissary the First Rifle Troops

Janissari atau Yeniceri adalah pasukan elit yang dibentuk oleh Sultan Murad II, ayah kepada Muhammad Al Fatih, yang kemudian direformasi oleh Muhammad Al Fatih dengan memberikan sentuhan 'keagamaan' kepada pasukan elit ini, dan prestasi ibadah dari pasukan ini ; tidak pernah meninggalkan Solat Tahajjud dan Rawatib. Serta prestasi ketenteraannya adalah sebagai An Ni'mal Jaizu atau seistimewa-istimewa pasukan kerana berjaya menakluki kota Constantinople.
Janissary Pasukan Muhammad Al Fatih
Sekitar abad ke-15, seluruh pasukan Janissary sudah dibekalkan senapang sebagai senjata utama dan menjadi pasukan tentera Eropah pertama yang menggunakan senapang, ketika negara Eropah yang lain masih menggunakan tombak dan panah sebagai senjata utama.
Janissary yang memakai senapan
Bunyi senapang Janissari adalah yang paling kuat dan merupakan senapang yang paling 'mematikan' kerana jarak tembaknya yang unggul jika dibandingkan dengan senapang Eropah lainnya. Hinggakan, pasukan tentera Muslim ini sangat ditakuti oleh musuh-musuh Islam. Pasukan ini juga membantu Aceh mengusir Portugis di selat Melaka. Mental pasukan ini yang tertanam pada Panglima Polim dan Cut Nyak Dien, sehingga menjadi momok menakutkan Belanda.

Abus Gun, the First Mortar
  Kenalkah anda pada roket panggul yang digunakan oleh pasukan Hamas dan Mujahiddin Afghanistan yang menjadi momok menakutkan tank-tank canggih Israel dan NATO?, ya itu adalah RPG 7 buatan Rusia, yang dengan mudah boleh didapati di 'black market'.
Tapi tahukah bahawa RPG 7 buatan Rusia atau Bazooka buatan Amerikaadalah sebuah senjata yang telah dinspirasikan daripada senjata Abus buatan negara Khalifah Islam. Senjata ini adalah meriam dalam ukuran kecil sehingga mampu digunakan oleh pasukan Infantri negara Islam ketika itu. Abus juga sangat ditakuti tentera-tentera penjajah ketika itu.

Negara Islam adalah negara yang pertama kali menggunakan pesawat tempur dan artileri anti serangan udara.
Ketika Amerika Syarikat mencipta pesawat tempur untuk pertama kalinya, Khialiah Islam ketika itu segera mengirimkan orang-orang terpilih untuk mempelajarinya dan mengendalikannya. Lima tahun kemudian, negara Khalifah Islam berjaya mencipta sendiri beberapa buah belon udara pengebom dan mempunyai puluhan pesawat tempur yang digunakan ketika perang dunia pertama menentang Itali.

Negara Khalifah Islam juga adalah yang pertama kali menggunakan artileri anti serangan udara dalam perang dan berjaya menjatuhkan beberapa buah belon pengebom milik Itali dan beberapa buah lagi pesawat tempurnya di Ethiopia.

Kisah nyata : Gadis Itu Tewas dalam Posisi Menari

Posted: 24 Feb 2013 02:03 PM PST

Sebagai pemandi mayat selama 13 tahun di Saudi Arabia ia belum pernah melihat pemandangan seperti ini. Ketika ia membuka selimut yang menutupi mayat tersebut ia seketika pingsan. Beberapa wanita datang berusaha menyadarkannya, setelah ia sadar Fulanah segera menemui ibu si mayat tersebut dan bertanya, wahai ukhti seumur hidupku aku belum pernah melihat kondisi jasad yang demikian, aku melihat jasad putrimu dalam keadaan menari (berjoget) apa yang dilakukan putrimu di masa hidupnya?


Sang ibu dengan terisak menceritakan, bahwa putrinya semasa hidupnya menggandrungi musik dan nyanyian. Ia terobsesi dengan musik, terlebih usianya yang baru menginjak remaja (ABG) sulit bagi sang ibu untuk menasehatinya. Ia senang menonton lagu-lagu favorit yang sedang hit dalam video klips, menyukai penyanyi-penyanyi tersebut dengan penuh cinta. Hidupnya hanya di isi dengan nyanyian dan musik.

Suatu hari gadis belasan tahun itu datang dalam sebuah pesta, karena memang ia diundang oleh kawannya. Dalam sebuah pesta tentu saja didalamnya ada nyannyian dan musik. Maka ketika lagu kesayangannya dinyanyikan ia tidak dapat menahan dirinya.Mulailah ia menari (berjoget) dan bernyanyi dengan riangnya. Dalam keadaan yang sangat bersemangat itu tiba-tiba ia terjatuh dan tubuhnya membentur meja di depannya. Ia tak sadarkan diri, orang-orang di sekitarnya berusaha menolongnya dan mereka mendapati gadis itu telah tiada. Dan, tubuhnya kaku (benar-benar kaku dan keras)tidak dapat digerakkan. Dengan posisi tangan meliuk di atas kepala (sebagaimana layaknya orang berjoget).

Setelah mendengar penjelasan sang ibu, Fulanah berusaha memandikan mayat gadis malang itu ia pun berusaha memposisikan jasad sang gadis sebagaimana layaknya mayat yang akan dikafankan. Tapi, subhanallah jasad itu benar-benar kaku seperti batu, ia tidak dapat menekukkan tangan sang mayat, akhirnya ia pasrah membungkus mayat dalam keadaan sebagaimana adanya.

Jika akhir hidup manusia yang menggemari para penyanyi seperti diatas mendapatkan hukuman seperti itu, bisakah kita membayangkan bagaimana keadaan para penyanyi (artis) itu sendiri bila mereka tidak segera bertaubat kepada Allah ?

Tidakkah kita mengambil ibrah ini wahai hamba Allah??

Tidak menjadi jaminan usia yang muda tidak akan diburu ajal?

Tidakkah kita takut ketika kita melakukan maksiat tiba-tiba Allah mencabut nyawa kita dengan mendadak? Berapa banyak generasi salaf takut akan kondisi diatas, mati dalam keadaan suul khatimah (akhir yang buruk).Ada diantara mereka yang senantiasa berdoa agar Allah mewafatkan mereka ketika mereka sedang sujud sehingga Allah pun mengabulkan doanya. Semoga Allah menjadikan kita senatiasa istiqamah dalam ketaatan dan mengakhiri hidup kita dengan husnul khatimah.amin.

Sumber: Daurah Syar'iyah Muslimah Mahad Darul Hidayah, Rabwa, Riyadh.
Muraja'ah oleh : Ustadz Eko Hariyanto Lc   

Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya. (Qoof 19)
Wahai Nabi Allah, siapakah manusia yang paling cerdik dan paling tegas?" Beliau menjawab, "(adalah) Mereka yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya. Mereka itulah manusia-manusia cerdas; mereka pergi (mati) dengan harga diri dunia dan kemuliaan akhirat." (HR: Ath-Thabrani, dishahihkan al-Mundziri)



Rating: 4.5 - Oleh: Unknown

Judul: ZILZAAL
Deskripsi: ZILZAAL MUKJIZAT BUAH ANGGUR DALAM AL-QUR'AN, HADITS DAN M...
URL: http://downloadgratis19.blogspot.com/2013/02/zilzaal_25.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 

Copyright © 2013 | Template Design by DIEKY'S BLOG - Powered by Blogger.